Bere, Emanuel (2015) KAJIAN KANTONG PARKIR SEBAGAI ALTERNATIF MENGURANGI KEMACETAN PADA RUAS JALAN KAWI ATAS KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
JURNAL - EMANUEL BERE - 0824039.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
Untitled(4).pdf Download (75MB) |
Abstract
Kurangnya lahan parkir pada kawasan yang menjadi pusat aktivitas masyarakat menyebabkan kendaraan menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir. Hal tersebut menyebabkan kapasitas ruas jalan atau simpang menjadi berkurang dan menyebabkan arus lalu lintas terhambat. Selain itu kendaraan yang bermanuver untuk memarkirkan kendaraan atau melanjutkan kembali perjalanannya menyebabkan tundaan lalu lintas. Hal tersebutlah yang menyebabkan sirkulasi lalu lintas terganggu dan terjadinya kemacetan terutama pada saat jam-jam puncak. Oleh sebab itu, peneliti mengambil judul penelitian tentang “Kajian Kantong Parkir Sebagai Alternatif Mengurangi Kemacetan”. Lokasi penelitian ini berada pada ruas jalan Kawi Atas (mulai dari pertigaan jalan Pulosari hingga perempatan jalan Kawi) di Kota Malang. Penelitian ini akan menganalisis kebutuhan serta ketersediaan lahan untuk kantong parkir dan seberapa besar tingkat kemacetan dapat berkurang jika pada ruas jalan Kawi Atas terdapat kantong parkir tersebut, ditinjau berdasarkan kinerja jalan dan simpang. Untuk dapat mengetahui seberapa besar tingkat kemacetan dapat berkurang, maka dilakukan perbandingan antara kinerja jalan atau simpang eksisting kinerja jalan atau simpang alternatif jika terdapat kantong parkir. Kinerja jalan atau simpang yang dinilai adalah berdasarkan derajat kejenuhan, tundaan serta kecepatan kendaraan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis, titik kemacetan pada jalan Kawi Atas berdasarkan derajat kejenuhan tertinggi berada pada kaki simpang jalan Kawi Atas dalam simpang bersinyal jalan Kawi Atas – jalan Kawi, dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,0845 dan jika ada kantong parkir, nilai derajat kejenuhan tersebut dapat berkurang 9,97% menjadi 0,9764. Titik kemacetan berdasarkan lamanya tundaan terburuk juga berada pada kaki simpang jalan Kawi Atas dalam simpang bersinyal jalan Kawi Atas – jalan Kawi, yaitu selama 48,6427 detik/smp dan dapat berkurang 8,04% menjadi 44,7313 detik/smp. Sedangkan titik kemacetan berdasarkan kecepatan hanya dapat diamati pada segmen 2, dengan kecepatan rata-rata terendahnya adalah 25 km/jam dan dapat meningkat 51% menjadi 37,75 km/jam jika ada kantong parkir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kantong Parkir, Kemacetan, Kinerja Jalan |
Subjects: | Engineering > Area Planing Engineering (PWK) |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi) |
Depositing User: | ms suhartatik suhartatik |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:04 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/683 |
Actions (login required)
View Item |