Pengaruh perubahan jalur terhadap aspek ekonomi Masyarakat Studi kasus jalan MT Haryono dan jalan Mayjen Panjahitan kota Malang

Silva, Cristovão Da (2015) Pengaruh perubahan jalur terhadap aspek ekonomi Masyarakat Studi kasus jalan MT Haryono dan jalan Mayjen Panjahitan kota Malang. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
skripsi cristovao.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kota Malang merupakan kota pendidikan yang setiap tahunnya selalu didatangi oleh mahasiswa – mahasiswi dari daerah lain sehingga menyebabkan pertambahan jumlah penduduk di setiap tahunnya sehingga secara garis lurus akan menumpukan perkembangan aktivitas secara social maupun ekonomi. Dengan melihat permasalahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan aktivitas masyarakat maka perlu adanya penyediaan lahan yang cukup dalam pemenuhan kebutuhan aktivitas masyarakat sehingga perkembangan tata guna lahan secara spasial semakin meningkat sehingga menyebabkan terjadinya arus pergerakan yang padat. Kebijakan pemerintah untuk perubahan suatu jalur jalan satu arah menjadi jalan dua arah di salah satu daerah pada dasarnya terjadi kemacetan jumlah volume lalu-lintas. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan bermotor tiap harinya bertambah banyak dan tidak diimbangi dengan bertambahnya jalan atau pembangunan yang ada. Kota malang merupakan kota pelajar dimana banyak pendatang dari luar kota yang semakin memperparah kemacetan di Kota Malang. Namun perubahan jalur di jalan MT Haryono dan Mayjend panjahitan harus mempertimbangkan aspek sosial dan aspek ekonomi di sekitar jalur tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan jalur dari jalur satu arah dan jalur dua arah terhadap ekonomi masyarakat yaitu biaya pendapatan, biaya bahan bakar, biaya operasional, biaya rumah tangga, waktu perjalanan dan jarak perjalanan yang terjadi adanya pro – kontra masyarakat. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan beberapa metode diantaranya program SPSSS 20 dengan analisa berganda. Data – data yang digunakan adalah data – data primer yang diperoleh dari hasil survey dan data – data sekunder berupa data instansi. Hasil analisis terhadap data – data tersebut memperlihatkan tidak adanya pengaruh kebijakan perubahan jalur dua arah menjadi satu arah terhadap ekonomi masyarakat berupa biaya pendapatan, pengeluaran biaya bahan bakar, pengeluaran biaya operasional, pengeluaran biaya rumah tangga, waktu perjalanan dan jarak perjalanan di sepanjang koridor jalan Mt Haryono dan jalan Mayjend Panjahitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Desa, Optimalisasi, Atraksi, Wisatawan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Planologi planologi
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:08
Last Modified: 06 Mar 2019 03:49
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item