ANALISIS MODEL BANGKITAN TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN PADA KAWASAN CIREBON SUPERBLOCK ( STUDI KASUS DI CIREBON SUPERBLOCK MALL )

ZAHRIL, AHMAD (2021) ANALISIS MODEL BANGKITAN TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN PADA KAWASAN CIREBON SUPERBLOCK ( STUDI KASUS DI CIREBON SUPERBLOCK MALL ). Skripsi thesis, ITN MALANG.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

ABSTRAKS Malang : Ahmad Zahril Aziz Fuad, 14.21.089 “ANALISIS MODEL BANGKITAN TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN PADA KAWASAN CIREBON SUPERBLOCK ( STUDI KASUS DI CSB MALL CIREBON )” , Program Studi Teknik Sipil S-1, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Malang. Dosen Pembimbing I : Dr.Ir. Nusa Sebayang, M.T. Pembimbing II : Annur Ma’aruf, S.T, M.T. Kota Cirebon merupakan kota yang terletak pada posisi yang strategis dengan menghubungkan kota lain yang ada di Jawa Barat. Semakin tinggi mobilitas dalam kehidupan masyarakat, kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat menimbulkan dampak terhadap pergerakan yang ada disekitarnya, antara lain masalah kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perencanaan transportasi yang baik pada suatu tata guna (Septomiko, 2014).Penggunaan model analisa tarikan pergerakan bisa memprediksi seberapa besar dampak berdirinya suatu pusat perbelanjaan terutama tarikan pergerakan terhadap daerah sekitarnya. Jumlah Tarikan Pergerakan kendaraan CSB Mall Cirebon yang menggunakan kendaraan roda dua (Motor) mencapai puncaknya pada hari Minggu sebanyak 848 sebesar 13,83% kendaraan bermotor yang masuk didalam area CSB Mall pada jam 14.00-15.00.kendaraan roda dua (Motor) mencapai puncak nya pada hari Minggu sebanyak 754 sebesar 12,36% kendaraan bermotor yang keluar dari wilayah CSB Mall pada jam 14.00-15.00.Jumlah kendaraan roda dua (Motor) terbanyak yang terparkir didalam kawasan CSB Mall mencapai puncaknya pada hari Sabtu 7 Maret 2020 yaitu sebanyak 752 kendaraan pada jam 14.30-14.45. Kendaraan roda empat (Mobil) mencapai puncaknya pada hari kamis sebanyak 125 sebesar 11,10% kendaraan roda empat (Mobil) yang masuk didalam area CSB Mall pada jam 12.00-13.00. Jumlah Bangkitan pergerakan pengunjung CSB Mall yang menggunakan kendaraan roda empat (Mobil) mencapai puncaknya pada hari Sabtu sebanyak 120 sebesar 11,42% kendaraan roda empat yang keluar dari wilayah CSB Mall pada jam 17.00-18.00. Berdasarkan hasil pemodelan tarikan perjalanan dengan regresi linear berganda faktor-faktor yang mempengaruhi tarikan pengunjung adalah luas parkir (X1) dan varian tenant (X2). Hal ini dikarenakan luas parkir yang dibutuhkan oleh pengunjung semakin luas maka ketertarikan pengunjung semakin besar. Faktor kedua varian tenant, hal ini menunjukan semakin banyak varian tenant yang diberikan oleh pihak CSB Mall Cirebon akan memberikan ketertarikan yang besar untuk pengunjung berbelanja di CSB Mall Cirebon. Pemodelan terbaik tarikan pengunjung pada kawasan CSB Mall Cirebon adalah : Y = 1.324 + 0.888 X1 + 0.156 X2, dan didapat nilai R = 0.839. Kata Kunci : Karakteristik, Model, Regresi, Responden, Prediksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: AHMAD ZAHRIL AZIZ F. (1421089)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Karakteristik, Model, Regresi, Responden, Prediksi.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 296 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:27
Last Modified: 08 Sep 2022 04:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item