Hidayath, Moch, Ichlas Taufiq (2022) Analisa pengaruh airfoil terhadap manuver dan kecepatan pada pesawat tanpa awak tipe fixed wing berbasis ardupilot. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
Bagian Awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (673kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (79kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (616kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (73kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Analisa Pengaruh Airfoil Terhadap Manuver Dan Kecepatan Pada Pesawat Tanpa Awak Tipe Fixed Wing Berbasis Ardupilot.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pesawat tanpa awak atau sering disebut UAV (Unmanned Aerial Vihicle) merupakan jenis pesawat terbang yang dikendalikan dengan kendali jarak jauh melalui gelombang radio dengan mode manual (stabilize) maupun dengan mode autopilot dengan tambahan hardware flight controller. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manuver pesawat tanpa awak menggunakan batasan sudut 90o dari titik waypoint serta untuk mengetahui pengaruh kecepatan pesawat tanpa awak. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan variasi airfoil NACA 2412, NACA 4412, dan NACA 6412. Data dari hasil penelitian didapat dengan menggunakan software Ardupilot, dimana pada software tersebut menghasilkan suatu data manuver dan kecepatan untuk setiap airfoil. Hasil pembahasan menunjukan bahwa pengujian manuver menggunakan mode autopilot dengan variasi airfoil tidak terlalu signifikan pada jalur yang telah dibuat oleh pesawat tanpa awak dan untuk pitch serta roll didapat nilai terbaik oleh variasi airfoil 6412 dengan nilai pitch min -0,54 rad, pitch max 0,38 rad. Untuk nilai roll min -1,35 rad, roll max 2,56 rad. Kemudian untuk pengujian kecepatan maksimum menggunakan mode stabilize (manual) dikendalikan langsung oleh transmitter data dengan hasil nilai rata-rata pengujian airfoil 2412 sama dengan airfoil 4412 sebesar 103,2 km/h dan airfoil 6412 dengan kecepatan sebesar atau 115,2 km/h. Dari hasil kesimpulan menyatakan bahwa manuver terbaik adalah pada airfoil 6412 ditinjau dari grafik pitch dan roll yang didapat, dan kecepatan tertinggi pada airfoil 6412 dengan kecepatan rata-rata yaitu 116,4 km/h.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Moch. Ichlas Taufiq Hidayath (1811025) |
Uncontrolled Keywords: | Pesawat tanpa awak, Airfoil, Ardupilot, Manuver, Kecepatan. |
Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 254 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:53 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 04:53 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7427 |
Actions (login required)
View Item |