ROZI, MIFTACHUL (2022) IMPLEMENTASI DAN OPTIMASI DESAIN PADA PROYEK PENGEMBANGAN PEMBANGUNAN JALAN LINTAS PANTAI SELATAN JAWA DENGAN METODE REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING). Masters thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
1 Bag AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (12MB) |
|
Text
2 Bab 1 Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April 2022).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
3 Bab 2 Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April 2022).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (770kB) | Request a copy |
|
Text
4 Bab 3 Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April 2022).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
5 Bab 4 Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April 2022).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
6 Bab 5 Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April 2022).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (82kB) | Request a copy |
|
Text
7 Daf Pustaka Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April).pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (99kB) |
|
Text
8 Lampiran Tesis_Miftachul Rozi (Edit 1 April).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
9 Dokumen JURIN JURNAS Miftachul Rozi.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Implementasi dan Optimasi Desain pada Proyek Pengembangan Pembangunan Jalan Lintas Pantai Selatan Jawa dengan Metode Rekayasa Nilai (Value Engineering) Pembangunan infrastruktur jalan begitu krusial bagi perkembangan ekonomi lokal maupun nasional. Situasi di lapangan memperlihatkan adanya gap antara pembangunan infrastruktur di wilayah utara Jawa dengan wilayah selatan. Hal tersebut saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan jalan melalui proyek Development of Trans South – South Java Road Project (TRSS), dengan dana yang berasal dari pengajuan pinjaman ke Islamic Development Bank (IsDB). Mengingat proyek pembangunan banyak diliputi permasalahan terkait efisiensi biaya dan sumber daya material, maka pengawasan dan analisis penerapan pelaksanaan proyek perlu dilakukan. Penelitian ini mengkaji penerapan value engineering untuk mengoptimalisasi desain dan pelaksanaan proyek pembangunan jalan baru di jalur lintas selatan Pulau Jawa, khusus nya pada paket pekerjaan LOT-6 (Prigi-Batas Kabupaten Tulungagung-Klatak-Brumbun). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, dengan materi penelitian (data primer) berupa gambar perencanaan detail atau DED (detail engineering design) yang mencakup peta lokasi pekerjaan, trase jalan (plan), potongan memanjang trase jalan (longitudinal profile) dan potongan melintang jalan (cross section). Selanjutnya, data sekunder meliputi daftar Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), daftar Bahan atau Material Bangunan yang dipergunakan, gambar DED, daftar data tenaga kerja harian (daywork), data RAB. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei, dengan responden yaitu konsultan pengawas (supervision consultant), penyedia jasa (contractor), dan pengguna jasa (owner). Analisis data secara kualitatif dilakukan dengan pendekatan cost analisys, matrik evaluasi, dan teknik zero-one untuk mencari indeks. Berdasarkan survei dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa panjang efektif jalur lintas selatan pada paket pekerjaan LOT-6 adalah 17.74 Km, dengan total nilai proyek mencapai Rp. 471.553.305.416,23, di mana pada pelaksanaannya terdapat permasalahan pada fase konstruksi. Implementasi value engineering menunnjukkan adanya pergeseran trase as jalan (center line) terhadap koridor lahan sebagai akibat dari revisi desain. Selain itu, penyelesaian permasalahan terjadi pada fase konstruksi (civil works), di mana ditemukan adanya ketidaksesuaian antara Detail Engineering Design (DED) dengan hasil aktual lapangan. Adapun desain awal telah sesuai dengan DED (Rp. 71.024.407.368,20), sedangkan desain pasca implementasi VE berubah menjadi Rp. 63.117.780.442,51. Ini menunjukkan adanya pengurangan biaya (cost saving) setelah penerapan VE untuk pekerjaan bahu jalan berpenutup dan pekerjaan perkerasan aspal, yakni sebesar Rp. 7.906.626.925,69, dengan persentase 11,13 % dan besar bobot persentase terhadap keseluruhan proyek mencapai 3,32 %. Ketersediaan lahan untuk proyek konstruksi pembangunan jalan diharapkan sesuai dengan lahan yang dibutuhkan dalam perencanaan DED, sehingga trase geometrik jalan dapat dilaksanakan dan memenuhi ketentuan road safety. Kata kunci: Desain proyek, jalan lintas pantai selatan Jawa, value engineering.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain proyek, jalan lintas pantai selatan Jawa, value engineering |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis) |
Depositing User: | Users 412 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:27 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:27 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7751 |
Actions (login required)
View Item |