PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KERAJINAN DJEMBE DI KELURAHAN TANGGUNG MASUK KECAMATAN KEPANJEN KIDUL KOTA BLITAR

KURNIAWAN, TOMI SASONGKO (2014) PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KERAJINAN DJEMBE DI KELURAHAN TANGGUNG MASUK KECAMATAN KEPANJEN KIDUL KOTA BLITAR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(24).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Djembe merupakan, alat musik yang berasal dari afrika. Alat musik ini digunakan sebagai acara spriritual di daerah tersebut serta digunakan sebagai acara tarian-tarian adat orang afrika, sebagai rasa syukur terhadap sang pencipta. Dari situ Djembe sudah tersebar di seluruh dunia, terutama di Indonesia dan dikembangkan dan diproduksi di daerah Kota Blitar tepatnya di daerah Kelurahan Tanggung. Dari tahun 1980 Kelurahan Tanggung mulai kerajinan Djembe ini, dengan membubut kerajinan vas bunga dan alat mainan anak-anak yaitu Yoyo, kemudian pada tahun 1990, beberapa orang memasarkan kerajinan tersebut ke Bali, tidak disangka mendapat pesanan alat musik Djembe ini, dan berkembang pesat hingga sekarang. Salah satu kawasan yang memiliki potensi kerajinan di Kota Blitar yaitu Kelurahan Tanggung karena merupakan sentra home industri kerajinan Djembe, daerah Kelurahan Tanggung berpotensi menjadi kawasan wisata makam Bung Karno dan bisnis kerajinan kayu bubut karena banyaknya pengrajinan yang mengolah kayu menjadi kerajinan terutama alat musik Djembe, sehingga banyak pengunjung yang datang dari penjuru kota yang dating ke tempat ini. Pada daerah kawasan Kelurahan Tanggung, penataan yang ada di daerah penelitian kurang tertata rapi. Pengembangan daerah sentra industri Djembe yang ada di Kleurahan Tanggung adalah dengan pengembangan karakter dan industrinya, sehingga daerah ini akan lebih banyak menarik buyer-buyer dari luar negri maupun pelanggan dari daerah sekitar kota Blitar sendiri dan dari luar daerah. Tahapan analisis yang dilakukan adalah melakukan analisa SWOT. Dari SWOT dan untung rugi peneliti mengetahui potensi dan masalah yang ada. Kemudian kembali melakukan analisa pengembangan industri yang ada di Kelurahan Tanggung untuk mendukung pengembangan sentra home industri Djembe ini. ii Hasil penelitian ini untuk mengembangkan sentra home industri yang ada di Kelurahan Tanggung agar lebih maju dan produktif. Oleh karena itu ditekankan pada pengembangan karakter industri. Hal ini dikarenakan pengembangan sentra industri Djembe yang ada di Kelurahan Tanggung kurang mendapat perhatian dari pihak instansi terkait, sehingga dibuat oleh peneliti untuk dapat mengembangkan sentra home industri Djembe yang lebih berkompetitif dan produktif, agar dapat bersaing dalam pasar global. Kata kunci: Pengembangan, Sentra Home Industri, dan Kerajinan Djembe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Sentra Home Industri, dan Kerajinan Djembe
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Tasya Sabrilla Asihfani
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:52
Last Modified: 06 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item