PERHITUNGAN KELAYAKAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN JALUR ALTERNATIF MENUJU KAMPUS 2 INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG

RULASDI, MUCHRIZAL (2015) PERHITUNGAN KELAYAKAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN JALUR ALTERNATIF MENUJU KAMPUS 2 INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
skripsi muchrizal.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perguruan tinggi di Kota Malang akan menimbulkan dampak bagi perkembangan wilayah sekitarnya. Dampak tersebut juga akan sangat terasa pada jaringan jalan ataupun kondisi jalan dalam mencapai lokasi perguruan tinggi tersebut. Begitu juga halnya dengan yang terjadi di Kampus 2 TN Malang. Keberadaan perguruan tinggi tersebut menimbulkan dampak bagi perkembangan sekitar. Perkembangan lingkungan sekitar harusnya diimbangi dengan peningkatan jaringan jalan untuk menuju kampus 2 tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan jalur alternatif menuju perguruan tinggi tersebut untuk menghemat biaya dan waktu dan juga memicu perkembangan di sekitar lokasi kampus. Lokasi penelitian ini meliputi 4 jalur alternatif menuju kampus 2 ITN Malang. Penelitian ini akan menganalisis kondisi eksisting jalur alternatif tersebut, menghitung kinerja jalan serta menghitung kelayakan ekonomi dalam pengembangan jalur alternatif. Kelayakan ekonomi dalam pengembangan jalur terdiri dari biaya operasional kendaraan dan juga biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan jalur alternatif. Berdasarkan hasil analisa kinerja ruas jalan dari keempat jalur ini sama-sama termasuk dalam golongan A dengan kondisi arus bebas. Biaya pengembangan jalur alternatif yang terdiri dari biaya pembangunan jalan dan biaya pembebasan lahan dan bangunan dilakukan di keempat jalur tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa biaya pengembangan terendah ada pada jalur 4 dengan biaya pengembangan sebesar Rp 15.928.687.000, - untuk pengembangan jalan dengan lebar 6 meter. Sedangakan untuk pengembangan jalan dengan biaya tertinggi adalah pada jalur 3 dengan biaya sebesar Rp 19.361.886.500,- untuk pelebaran jalan 6 meter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Street Performance, Cost widening, Alternative Paths
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:54
Last Modified: 06 Mar 2019 03:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item