IDENTIFIKASI PERUBAHAN ALUN – ALUN DI KOTA BATU BERDASARKAN DERET WAKTU DAN SEJARAH TERBENTUKNYA

FABIANTO, DENISWORO (2015) IDENTIFIKASI PERUBAHAN ALUN – ALUN DI KOTA BATU BERDASARKAN DERET WAKTU DAN SEJARAH TERBENTUKNYA. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(29).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Alun - alun merupakan salah satu ruang publik yang terus mengalami perubahan seiring waktu dan kebudayaan manusia yang terus berkembang. Sebagai bentuk dari ruang publik, perubahan yang terjadi pada alun-alun tak dapat dilepaskan dari peran institusi pemerintahan dan kebijakan yang diambilnya sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kontrol terhadap kota dan ruang - ruang publiknya. Alun-alun Kota Batu, semenjak dibangunnya pada tahun 1850an telah melalui beberapa proses perubahan dari awal terbentuknya yaitu Alun – Alun Tugu, Pasar yang terbagai dua fase yaitu Pasar Kembang Banyu atau Pasar Waru dan Pasar Juwet, Taman (Gunung – Gunungan/Gua), Alun – Alun Batu hingga saat ini yaitu Alun – Alun KWB atau Kota Wisata Batu. Kondisi sosial masyarakat berperan penting pada saat perubahan terjadi, seperti kebutuhan ruang untuk kegiatan perekonomian jual beli sehingga Alun – Alun Tugu dirubah menjadi pasar pada tahun 1965. Selain dengan Akibatnya sejak tahun 1882 sampai saat ini, kondisi fisik dan citra kawasan alun-alun Kota Batu terus mengalami pergeseran hingga pada keadaan yang sama sekali berbeda dari pada masa awal dibangunnya. Studi ini didukung dengan berbagai macam teori dan metode untuk menjawab tujuan dari penelitian yaitu untuk melihat perubahan berikut dengan proses pada setiap fasenya sejak masa dibangunnya hingga saat ini.Ditemukan bahwa alun – alun di Kota Batu telah mengalami perubahan bentuk fisik sebanyak 6 (enam) kali dari alun – alun pertama yaitu Alun – Alun Tugu hingga alun – alun yang sekarang yaitu Alun – Alun KWB serta perubahan fungsi sebanyak 3 (tiga) kali yaitu Alun – Alun atau taman yang memiliki tipologi Public Park dengan jenis Central Park yang berubah menjadi tipologi Market dengan jenis berupa pasar, kemudian berubah kembali menjadi taman hingga sekarang menjadi alun – alun kembali dengan tipologi Public Park dengan jenis Central Park. Kata kunci: Alun – Alun, Perubahan, Proses Perubahan, Deret Waktu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Alun – Alun, Perubahan, Proses Perubahan, Deret Waktu
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: bintang alif
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:55
Last Modified: 06 Mar 2019 03:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item