PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA DEALER YAMAHA BERBASIS WEB (Study Kasus Dealer Cahya Yamaha Tulungagung)

Hakim, Mochamad Fitrul (2015) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA DEALER YAMAHA BERBASIS WEB (Study Kasus Dealer Cahya Yamaha Tulungagung). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1118018.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Dealer motor Yamaha Cahya Yamaha salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan berupaya meningkatkan pelayanan penjualan sepeda motor. Dimana saat ini pelayanan terhadap customer masih belum dilakukan secara maksimal. Semisal presentase penjualan yang dilakukan masih secara manual berupa catatan dari karyawan yang dimasukkan kedalam Microsoft excel dan belum menggunakan peta beserta prosentase penjualan. Terdapatnya barang atau sepeda motor baru dan stok yang terdapat dalam gudang hanya diketahui secara internal oleh pihak perusahaan sehingga penjualan tidak berjalan secara maksimal. Selain itu, untuk mendapatkan loyalitas dari para konsumen masih terasa amat sulit, karena konsumen atau calon konsumen masih terkendala informasi. Informasi yang diberikan oleh perusahaan hanya berupa selebaran yang disebar dijalanan, sehingga dinilai oleh para konsumen kurang tepat sasaran dan membuang biaya. Customer Relationship Management (CRM) bukanlah suatu konsep atau proyek, melainkan suatu strategi bisnis yang bertujuan untuk memahami, mengantisipasi, dan mengelola kebutuhan pelanggan yang ada dan pelanggan potensial dari suatu organisasi. Tujuan dari sistem ini adalah dengan penggunaan teknologi diharapkan terjadi jalinan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya. Manfaat utama dari strategi CRM yang dapat membantu perusahaan untuk merampingkan database pelanggan dan membuat sebagian besar dari kontak mereka saat ini. CRM menggunakan teknologi informasi untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses penjualan, pemasaran, dan layanan produk/jasa berkaitan dengan perusahaan. Konsep utama dari Customer Relationship Management (CRM) itu adalah penciptaan nilai pelanggan yang bertujuan tidak hanya untuk memaksimalkan pendapatan dari transaksi tunggal melainkan keunggulan bersaing. Dalam membangun aplikasi Penerapan Customer Relationship Management ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL digunakan sebagai media penyimpanan data. Dari proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian fungsional sistem berjalan 100%. Untuk hasil pengujian pelanggan, pelanggan yang mengatakan aplikasi memiliki tampilan menarik adalah sebanyak 90%, tampilan aplikasi cukup menarik adalah 10%. Yang mengatakan aplikasi mudah dipahami adalah sebanyak 80% dan cukup sebanyak 20%. Yang mengatakan perangkat lunak memiliki fungsi yang jelas adalah sebanyak 70% dan cukup 30%. Yang mengatakan aplikasi dapat memudahkan proses pemesanan adalah sebanyak 80%, cukup sebanyak 20%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mochamad Fitrul Hakim (1118018)
Uncontrolled Keywords: Dealer Cahya Yamaha, Customer Relationship Management
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 23 May 2022 04:52
Last Modified: 23 May 2022 04:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item View Item