IDENTIFIKASI PENGARUH WILAYAH PELAYANAN MINIMARKET TERHADAP TOKO KECIL SKALA LINGKUNGAN DIKELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Suwito, Bambang (2014) IDENTIFIKASI PENGARUH WILAYAH PELAYANAN MINIMARKET TERHADAP TOKO KECIL SKALA LINGKUNGAN DIKELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(25).pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan akan kebutuhan manusia yang tinggi dan beragam sekarang ini menyebabkan semakin banyak menjamur tempat-tempat perbelanjaan minimarket dan toko kecil skala lingkungan. Bahkan pertumbuhan minimarket sudah mulai meresahkan masyarakat karena keberadaanya saling berdekatan dengan toko kecil di daerah permukiman. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kehidupan toko kecil karena wilayah pelayanan minimarket yang lebih luas. Diikuti dengan adanya perubahan perilaku msyarakat dalam berbelanja dan wilayah pelayanan minimarket tentu akan berpengaruh pada toko kecil skala lingkungan yang dimiliki oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wilayah pelayanan dari keberadaan minimarket terhadap toko kecil skala lingkungan berdasarkan preferensi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan rasional. Metode yang digunakan adalah analsia buffer untuk menentukan radius pelayanan dan Chi Square yang ditambahkan dengan metode deskriptif model Miles dan Huberman dari temuan-temuan di lapangan. Hasil temuan dari analisis kuantitatif perlu didiskriptifkan supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dari analisis yang dilakukan terdapat beberapa temuan studi antara lain terdapat pengaruh dari radius wilayah pelayanan minimarket terhadap toko kecil skala lingkungan yaitu ada 59 atau 82 % toko kecil skala lingkungan yang tumpang tindih dengan minimarket dengan rincian klaster 1 ada 39 unit, klaster 2 ada 6 unit, klaster 3 ada 3 unit, klaster 5 ada 1 unit dan klaster 6 ada 10 unit. Untuk temuan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja adalah faktor lokasi mempunyai pengaruh signifikan dalam memilih tempat belanja di toko kecil skala lingkungan, sedangkan untuk faktor harga merupakan faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan berbelanja di minimarket. Kata kunci: Pengaruh, Toko Kecil Skala Lingkungan, Minimarket, Wilayah pelayanan, tumpang tindih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh, Toko Kecil Skala Lingkungan, Minimarket, Wilayah pelayanan, tumpang tindih
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:55
Last Modified: 06 Mar 2019 02:46
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item