KAJIAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN DI KELURAHAN TANJUNG - KOTA BIMA

HAMANI, DIDIK AGUS (2014) KAJIAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN DI KELURAHAN TANJUNG - KOTA BIMA. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(30).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas lingkungan permukiman kota dipengaruhi oleh kondisi fisik dan non fisik. Kondisi fisik antara lain udara, air, tanah, rumah, jalan, kendaraan, dan kondisi non fisik terdiri atas faktor sosial, ekonomi budaya dan politik. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai aspek prasarana da sar lingkungan permukiman, aspek ekonomi dan aspek social masyarakat. Data diperoleh melalui observasi lapangan dan penyebaran questionare yang kemudian dianalisis menggunakan analisa distribusi frekuensi, analisa pembobotan, serta deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi dan kualitas lingkungan permukiman diwilayah penelitian. Hasil analisa dari Aspek prasarana dasar lingkungan permukiman: mayoritas masyarakat memanfaatkan air sumur bor/listrik dari pada air yang berasal dari PDAM, sumber air yang digunakan ini secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik. Kondisi drainase diwilayah studi termasuk kategori sedang, keberadaan tempat sampah diwilayah studi juga dianggap relatif masih sangat kurang, namun ter masuk kategori baik karena sebagian besar masyarakat telah mengolah sampah secara individu. Aspek ekonomi: mayoritas masyarakat disekitar pasar ini bekerja dibidang perdagangan dan jasa dan secara keseluruhan untuk mata pencaharian ini masuk kedalam kategori baik. Ratarata pendapatan masyarakat juga berkaitan dengan mata pencaharian penduduk yang sebagian besar bekerja disektor perdagangan dan jasa maupun sektor pemerintahan dan masuk dalam kategori baik. Aspek Sosial: Komunikasi/interaksi antar warga diwilayah studi sangat lancar dan termasuk dalam kategori baik. Partisipasi masyarakat di wilayah studi termasuk dalam kategori baik. Dan dari hasil analisa secara keseluruhan terlihat bahwa kualitas lingkungan permukiman diwilayah studi masih termasuk dalam kategori baik. Kata-kata kunci: Kajian, Kualitas Lingkungan dan, Permukiman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Kajian, Kualitas Lingkungan dan, Permukiman.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: bintang alif
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:55
Last Modified: 06 Mar 2019 02:34
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item