SISTEM PAKAR KONSULTASI SISWA BERMASALAH MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Saputra, Awang Ramadhani (2016) SISTEM PAKAR KONSULTASI SISWA BERMASALAH MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, ITN malang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Disekolah sering kali terjadi siswa bermasalah, padahal disekolah merupakan tempat pendidikan, pada sekolah pendidikan yang bermutu dan ideal adalah pendidikan yang mengintegrasikan tiga bidang kegiatan, yaitu bidang sinergi, bidang administrative dan bidang bimbingan konseling. Perhatian dan bimbingan konseling sering dilakukan oleh guru bimbingan konscling, yang tugasnya adalah membimbing dan mengarahkan siswa-siswi kepada potensinya. Tetapi adakalanya guru bimbingan konseling tidak ada disekolah atau sedang ikut kegiatan diluar sekolah. Sehingga tidak dapat melakukan bimbingan kepada siswa. Untuk mengatasi permasalahan dibutuhkan suatu sistem yang menerapkan salah satu metode yang terdapat dalam ilmu kecerdasan buatan yaitu sistem pakar. Sistem pakar mengadopsi pengetahuan pakar kedalam komputer schingga komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Untuk itu, dibangun sistem pakar konsultasi siswa bermasalah menggunakan metode certainty factor. Metode certainty factor adalah salah satu metode untuk mengatasi ketidak pastian pada sebab. Sehingga sistem pakar mampu menghasilkan konklusi dengan drajat kepastian tertentu. Pengujian sistem menggunakan akurasi didapat hasil sistem yang dibandingkan dengan pakar bimbingan konseling telah sesuai. Dilihat pada kesamaan antara pakar bimbingan konseling dengan hasil sistem menggunakan pengujian dari empat kasus yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling, sistem pakar, certainty factor.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 27 May 2022 01:15
Last Modified: 27 May 2022 01:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item