Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyediaan Hunian Bagi Pekerja Industri Sebagai Pendukung Pengembangan Kawasan Industri (Studi Kasus : Kecamatan Singosari)

APRIANI, RESTI (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyediaan Hunian Bagi Pekerja Industri Sebagai Pendukung Pengembangan Kawasan Industri (Studi Kasus : Kecamatan Singosari). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(32).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Singosari sebagai kawasan pengembangan industri menjadi pendorong timbulnya urbanisasi. Pesatnya pertumbuhan Industri, berakibat pada meningkatnya jumlah serapan tenaga kerja dari dalam Kabupaten Malang bahkan hingga dari luar Kabupaten Malang. Fenomena ini mengakibatkan tingginya kebutuhan hunian bagi pekerja industri itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bentuk penyediaan hunian bagi pekerja industri yang ada di Kecamatan Singosari, sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah : Menganalisis karakteristik pekerja industri, mengidentifikasi faktor-faktor bentuk penyediaan hunian serta mengidentifikasi faktor-faktor lokasi hunian bagi pekerja industri di Singosari. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan beberapa alat analisis yang sesuai digunakan untuk mencapai tujuan studi. dalam studi ini pendekatan yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan analisa faktor, tabel distribusi frekuensi digunakan untuk mengetahui karakteristik pekerja industri sedangkan analisa faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap penyediaan bentuk hunian serta penentuan lokasi untuk hunian. Dari hasil penelitian ditemukan empat faktor yang mempengaruhi penyediaan bentuk hunian adalah dengan status kepemilikan hak sewa dan bangunan untuk tinggal bersama, hunian sementara dan untuk tinggal bersama keluarga, hunian yang berada di luar area pabrik, serta hunian dengan fasilitas yang memadai. Sedangkan untuk penentuan lokasi hunian didapatkan lima faktor yang mempengaruhi, yaitu : faktor harga, faktor kenyamanan, faktor aksesibilitas, faktor kondisi fasilitas pelayanan dan faktor kesehatan lingkungan. Berdasarkan hasil ini maka dalam penyediaan bentuk hunian dapat yang tepat bagi pekerja industri adalah berupa Rumah Susun Sederhana Sewa atau Rusunawa. Kata Kunci : Hunian, Pekerja Industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hunian, Pekerja Industri.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Tasya Sabrilla Asihfani
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:56
Last Modified: 06 Mar 2019 02:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item