FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN JEMBATAN PENYEBERANGAN PEJALAN KAKI DI KOTA MALANG

Saputra, Syahriadi (2013) FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN JEMBATAN PENYEBERANGAN PEJALAN KAKI DI KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(29).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan jembatan penyeberangan di Kota Malang kurang dimanfaatkan oleh pejalan kaki, Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain seperti kondisi fisik jembatan, lokasi, desain, dan adanya pengemis/PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik jembatan, pejalan kaki dan faktor utama yang mempengaruhi pemanfaatan jembatan penyeberangan. Pengumpulan data melalui survey kondisi fisik jembatan, volume pejalan kaki, lalu lintas dan penyebaran kuesioner. Analisa data menggunakan deskriptif-evaluatif dan deskriptif statistik. Hasil Analisa karakteristik jembatan menunjukkan bahwa Jembatan Penyeberangan Alun-Alun tingkat kesesuainnya 62.50%, Jembatan Penyeberangan RSU Saiful Anwar 75% dan Jembatan Penyeberangan Mesjid Sabilillah 50%. Ketiga jembatan berdasarkan analisa kesesuaian fasilitas P.V2 > 5x109 dan 1x1010 yaitu dengan jembatan penyeberangan. Secara umum pemanfaatan jembatan penyeberangan di Kota Malang sangat rendah dilihat dari rata-rata penyeberang lewat jembatan sebesar 35% yang didominasi wanita dengan tingkat pekerjaan sebagai pelajar. Dibandingkan dengan penyeberang yang lewat ruas jalan sebesar 65% didominasi pria pada tingkat pekerjaan pegawai swasta dan wiraswasta. Berdasarkan analisa faktor utama yang mempengaruhi pemanfatan jembatan penyeberangan disimpulkan bahwa Jembatan Penyeberangan Alun-Alun faktor utamanya adalah desain dengan nilai mean tertinggi 35.67. Jembatan Penyeberangan RSU Saiful Anwar faktor utamanya adalah desain dengan nilai mean tertinggi 32.67 dan Jembatan Penyeberangan Mesjid Sabilillah faktor utamanya adalah kenyamanan dengan nilai mean tertinggi 26.33. Rekomendasi kedepannya adalah perlu evaluasi terhadap kondisi fisik jembatan dan tata letak papan reklame, penertiban pengemis dan PKL, perlunya pagar pembatas atau taman bunga di median jalan serta sosialisasi pemerintah. Kata Kunci: Faktor utama, Jembatan penyeberangan, Pejalan kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Faktor utama, Jembatan penyeberangan, Pejalan kaki.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Susi Rahmania
Date Deposited: 31 Jan 2019 03:50
Last Modified: 06 Mar 2019 03:12
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item