STUDI ARAHAN PENATAAN PENEMPATAN REKLAME LUAR RUANG BERDASARKAN KARAKTER JALAN (Study Kasus: Jalan Arteri Primer Lawang-Singosari dan Jalan Kolektor Primer Karangploso)

AKHMAD, AKHMAD (2011) STUDI ARAHAN PENATAAN PENEMPATAN REKLAME LUAR RUANG BERDASARKAN KARAKTER JALAN (Study Kasus: Jalan Arteri Primer Lawang-Singosari dan Jalan Kolektor Primer Karangploso). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf(33).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari penempatan reklame di luar ruang yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan perkotaan karena media reklame tersebut seringkali memiliki orientasi lokasi pada jalanjalan utama perkotaan yang memiliki keuntungan antara lain lokasi strategis, mudah dijangkau, aglomerasi kegiatan kelengkapan sarana/fasilitas sosial dan ekonomi, serta kesiapan infrastrukturnya, sebagai akibat adanya keinginan untuk menonjol agar informasi yang disampaikan semakin efektif.. Lokasi studi yaitu di Kabupaten Malang pada Jalan Arteri Primer Lawang – Singosari dan Jalan Kolektor Primer Karangploso. Dimana lokasi ini mempunyai potensi dan kendala dalam penataan reklamenya. Salah satu potensi yaitu lokasi ini merupakan lokasi yang strategis terhadap penataan reklame. Namun adapun kendalanya yaitu penataan reklame kurang memperhatikan kemenyatuan dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian penelitian ini bertujuan mengkaji arahan penataan reklame luar ruang berdasarkan karakter jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif yang berupa uraian karakteristik reklame pada wilayah studi. Tahapannya adalah pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data. Dimana analisis dilakukan pada tiap variabel. Dari hasil analisa pada tiap-tiap variabel tersebut, maka akan diperoleh suatu gambaran dalam menentukan kondisi jumlah reklame berdasarkan lokasi pemasangannya pada lokasi studi. Dari keseluruhan proses penelitian yang dilakukan pada lokasi studi, maka hasil yang di dapatkan dari analisis berupa arahan penataan penempatan reklame luar ruang berdasarkan karakter jalan pada lokasi studi. Sehingga mampu memberikan estetika dan fungsional. Kata Kunci : Reklame, Penataan, Karakter Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Reklame, Penataan, Karakter Jalan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Tasya Sabrilla Asihfani
Date Deposited: 31 Jan 2019 04:49
Last Modified: 06 Mar 2019 03:30
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item