PERANCANGAN TANGGA PRAKTIS PADA BODY PINTU GERBONG KERETA API YANG ERGONOMIS

Juliano, Farhan (2022) PERANCANGAN TANGGA PRAKTIS PADA BODY PINTU GERBONG KERETA API YANG ERGONOMIS. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1813005_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1813005_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (420kB)
[img] Text
1813005_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
1813005_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
1813005_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1813005_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
1813005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text
1813005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

M. Farhan Juliano, Jurusan Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri, Agustus 2022, Perancangan Tangga Praktis Pada Body Pintu Gerbong Kereta Api Yang Ergonomis, Dosen Pembimbing: Ir. ST. Salmia LA, MT dan Dr. Renny Septiari, ST., MT. Kereta api merupakan alat transportasi darat yang menjadi favorit masyarakat, selain cepat dan murah kedatangan dan keberangkatan kereta api terjadwal. Menurut UU No. 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 54, Stasiun kereta api dilengkapi dengan fasilitas keselamatan, keamanan, kenyamanan naik turun penumpang, penyandang cacat, kesehatan, dan fasilitas umum. Namun pada kenyataanya, kondisi standar kenyamanan penumpang di stasiun masih kurang memadahi terutama pelayanan di area peron yaitu proses naik turun penumpang yang tidak normal khususnya di peron rendah. Hal ini menimbulkan tidak nyamanya penumpang saat hendak naik turun kereta api dikarenakan bancik untuk naik turun penumpang tidak selalu tepat menempatkanya dengan pintu saat kereta api berhenti, sehingga bancik perlu digeser. Perancangan tangga turun naik penumpang masuk maupun keluar berfungsi untuk mempermudah dan meningkatkan kenyamanan penumpang saat naik turun dari kereta api, serta mengurangi pekerjaan pegawai kereta api atau pegawai stasiun kereta api agar tidak menggeser bancik untuk di tepatkan tempatnya dengan pintu kereta api. Adapun perancangan tangga pada pintu gerbong kereta api akan disesuaikan dengan konsep ergonomi dan ilmu antropometri. Data penumpang diambil sebanyak 67 penumpang, karena untuk mendapatkan data yang seragam yang rata-rata nya diantara batas kontrol atas (BKA) dan batas kontrol Bawah (BKB). Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Dimana aktivitasnya yang diilakukan adalah mengidentifikasi karyawan stasiun kereta api yaitu mencatat kereta yang turun di peron rendah dan melakukan pengamatan pada body pintu kereta api, data sekunder diperoleh dari informasi dan teori-teori yang digunakan untuk penelitian. Analisa data dilakukan dengan mengitung data antropometri penumpang kereta api meliputi tinggi badan, lebar bahu, tinggi lutut, dan berat badan dengan menguji keseragaman data, menguji kecukupan data, dan perhitungan persentil. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perancangan tangga yang menjadi satu pada body pintu kereta api dibuat dengan bahan utama seperti besi hollow dan bordes agar tangga kuat dan aman dengan cara pengerjaannya di las. Tangga tersebut dibuat untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, serta tangga tersebut memudahkan pekerjaan pegawai stasiun karena pegawai stasiun tidak perlu menarik atau mengangkat bancik untuk menatakan di depan pintu kereta api dan untuk ukuran perancangan tangga didapatkan 94 cm untuk tinggi tangga, 54x28 cm untuk lebar tangga, 63 kg untuk kemampuan tangga menopang penumpang, 26 cm untuk melangkah naik turun tangga. Kata Kunci: Perancangan Tangga, Ergonomi, Antropometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Farhan Juliano (1813005)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Tangga, Ergonomi, Antropometri
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Users 511 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:51
Last Modified: 03 Jan 2023 06:51
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8833

Actions (login required)

View Item View Item