Putra, Randi Kristian (2022) PENERAPAN METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN SISWA TELADAN BERBASIS WEB DI SD KRISTEN KALAM KUDUS MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Setiap akhir semester, SD Kristern Kalam Kudus mengeluarkan nilai rapor yang berisi nilai dari masing-masing mata pelajaran, nilai kepribadian siswa berdasarkan aspek sikap, aspek kerajinan, aspek kebersihan, dan nilai absensi atau kehadiran. Proses untuk menentukan predikat siswa teladan di SD Kristern Kalam Kudus dengan mempertimbangkan data nilai siswa yaitu nilai rata-rata rapor, total absensi berdasarkan alpa, dan nilai kepribadian. Selama ini di SD Kristen Kalam Kudus Malang belum menerapkan sistem untuk menentukan siswa telandan, maka dari itu penulis membantu pihak sekolah dalam menentukan penilaian siswa teladan melalui sistem pendukung keputusan (SPK). Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas, tujuan ini adalah untuk menentukan penilaian siswa teladan melalui sistem pendukung keputusan (SPK), maka dengan ini penulis akan melakukan sebuah penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Siswa Teladan Berbasis Web Di SD Kristen Kalam Kudus Malang”. Produk skripsi yang dikembangkan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan siswa teladan. Fitur-fitur dari produk skripsi antara lain ada fitur untuk menambah, mengubah dan menghapus data siswa, fitur untuk menambah, mengubah dan menghapus data kelas, fitur untuk menambah, mengubah dan menghapus data user, fitur untuk menginputkan nilai siswa, Terdapat fitur untuk menentukan siswa teladan dan terdapat fitur cetak laporan dalam bentuk file pdf setelah proses perhitungan selesai. Selain itu juga produk skripsi juga dapat diakses selama 24 jam, mempunyai halaman login untuk admin yaitu kepala sekolah dan user yaitu wali kelas, dan mempunyai antarmuka berupa website dapat di aksen melalui smart phone ataupun desktop. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan secara manual dengan menggunakan excel sudah dengan perhitungan yang ada di aplikasi dengan akurasi 100%. Pada pengujian fungsional diatas setiap fitur yang berhasil diuji akan di beri kesimpulan valid. Data pengujian diatas menujukan hasil pengujian 100% valid dan 0% tidak valid. Pada pengujian user dari pengujian yang ditujukan 6 responden menujukan bahwa 63% menyatakan sangat sesuai, 32 menyatakan sesuai, 5% menyatakan cukup sesuai, 0% menyatakan kurang sesuai, 0% menyatakan tidak sesuai dan 0% menyatakan sangat tidak sesuai. Maka dapat disimpulkan dari prosentase diatas aplikasi untuk menentukan siswa teladan sudah sesuai dengan apa yang diinginkan dari pihak sekolah SD Kristen Kalam Kudus Malang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Randi Kristian Putra (1818032) |
Uncontrolled Keywords: | Fuzzy Inference System, Fuzzy Tsukamoto, Metode Tsukamoto, Siswa Teladan, SPK, Fuzzy |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 621 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:20 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:48 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8959 |
Actions (login required)
View Item |