PENERAPAN A* PATHFINDING DAN FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME “LOST CIVILIZATION” BERBASIS ANDROID

Imam, Satrio (2022) PENERAPAN A* PATHFINDING DAN FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME “LOST CIVILIZATION” BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL 1818011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (376kB)
[img] Text
BAB I 1818011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
BAB II 1818011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III 1818011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV 1818011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V 1818011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1818011.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1818011.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
1818011 Jurnal JATI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (661kB)

Abstract

Game adalah salah satu sarana untuk hiburan atau sekedar melepas penat, Sebagian besar masyarakat Indonesia banyak memainkan game lewat ponsel mereka, untuk saat ini game banyak diracang dalam bentuk 2D maupun 3D, tidak jarang juga dalam setiap ponsel pasti terpasamg sebuah aplikasi game, apalagi di era teknolgi sekarang game mudah didapatkan dengan melalui aplikasi penyedia game seperti Playstore dan Appstore. Dalam sebuah game juga banyak mengimplementasikan berbagai kecerdasan buatan guna untuk membuat perilaku npc (non player character) mirip dengan perilaku manusia. Game ini mengimplementasikan metode A* pathfinding untuk mencari lokasi player dengan memperhitungkan jarak total terkecil yang dilali setiap node dan menggunakan metode FSM (Finite State Machine) untuk membuat tingkah laku musuh dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Pengujian kecerdasan buatan yag diimplementasikan akan diuji dengan melakukan pengujian model alpha testing untuk A* pathfinding dan Finite State Machine, pengujian blackbox juga dilakukan guna menguji apakah fungsi sistem yang sudah dubuat dapat berjalan dengan baik atau tidak. Dari pengujian yang telah dilakukan tersebut didapatkan hasil implementasi metode algorita A* dengan tingkat 100% akurasi dalam menemukan lokasi player dalam menentukan rute tercepat agar menemukan lokasi player dengan menggunakan nilai total terkecil didapat dari perhitungan setiap node. Finite State Machine pada enemy juga sudah bisa melakukan aksi sesuai dengan perilaku player, dari pengujian 10 orang responden, didapatkan hasil 7 orang menyatakan baik sekali dan 3 orang menyatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Imam Satrio (1818011)
Uncontrolled Keywords: Unity, Game, A* Pathfinding, FSM, Android.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Users 737 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:38
Last Modified: 21 Sep 2022 03:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9175

Actions (login required)

View Item View Item