Implementasi SVC Untuk Meningkatkan Kestabilan Tegangan Pada Sistem Kelistrikan Sumbawa

Rahmansyah, Aldi (2022) Implementasi SVC Untuk Meningkatkan Kestabilan Tegangan Pada Sistem Kelistrikan Sumbawa. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (944kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kestabilan tegangan mengacu pada kemampuan sistem tenaga dalam mempertahankan tegangannya stabil pada semua bus mengalami gangguan. Sistem menjadi tidak stabil saat terjadi gangguan, karena meningkatnya kebutuhan dari daya reaktif melebihi kapasitas yang tersedia. Perangkat FACTS yang dapat mengkompensasi daya reaktif dan juga mampu menjaga tegangan bus pada tingkat yang diinginkan adalah SVC. Sistem Kelistrikan Sumbawa ini dimodelkan menggunakan perangkat lunak DIgSILENT PowerFactory, studi kasus penelitian ini yaitu Bus GI Alas 2. Analisis stabilitas tegangan menggunakan metode kurva PV, dan juga menganalisis respon tegangan kestabilan dinamik sebelum dan sesudah adanya SVC pada sistem. Dari hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan SVC 4 Mvar, profil tegangan mengalami peningkatan. Profil tegangan bus GI Alas 2 yaitu 0,815 p.u tanpa SVC dan dengan SVC 0,98 p.u. Margin kestabilan tegangan didapatkan tanpa SVC stabil dipembebanan 7,22 MW dan dengan SVC mengalami peningkatan dengan stabil dipembebanan 17,83 MW

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aldi Rahmansyah (1812077)
Uncontrolled Keywords: SVC, Kestabilan tegangan, DigSILENT PowerFactory, Profil tegangan, Kurva PV
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Users 821 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:59
Last Modified: 17 Oct 2022 06:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9326

Actions (login required)

View Item View Item