SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DATABASE JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH III PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR BERBASIS WEB (STUDI KASUS:KABUPATEN MANGGARAI)

Hasan, Dominikus Savio (2018) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DATABASE JALAN DAN JEMBATAN WILAYAH III PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR BERBASIS WEB (STUDI KASUS:KABUPATEN MANGGARAI). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (959kB)
[img] Text
combinepdf(41).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Jalan dan jembatan sebagai salah satu prasana utama sektor pembangunan yang memiliki peranan penting dalam mendukung terwujudnya sarana pembangunan terutama dalam mendukung kegiatan pembangunan sektor produksi dan jasa di suatu wilayah. Begitu pentingnya fungsi jalan, maka perlu adanya suatu penelitian “Sistem Informasi Database Jalan dan Jembatan Berbasis Web di Kabupaten Manggarai”, yang bertujuan untuk mengetahui letak geografis dan informasi tentang jalan dan jembatan di Kabupaten Manggarai. Adapun penyusunan database digunakan sebagai bahan acuan dalam pemeliharan dan penanganan jalan dan jembatan demi meningkatnya tingkat kemantapan jalan dan jembatan di Kabupaten Mangggarai, maka agar lebih mudah mengetahui informasi-informasi tentang database jalan dan jembatan tersebut perlu dibuat SIG database jalan dan jembatan yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan studi literature. Metode yang digunakan untuk merancang penyusunan sistem informasi database jalan dan jembatan berbasis web di Kabupaten Manggarai adalah dengan cara menganalisa kebutuhan sistem, merancang sistem, melakukan pengolahan peta dengan perangkat lunak, ArcGis 10.1, PostGIS untuk media penyimpanan database, OpenLayers sebagai media untuk mempublish peta secara online dan Weebly sebagai kerangka website. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan SIG web telah dapat disusun database jalan dan jembatan berupa peta dan atribut tabelnya berisi informasi perkembangan ruas jalan dan jembatan, didapatkan sebanyak 43 titik kerusakan pada 8 ruas jalan dan jumlah jembatan sebanyak 28 buah dengan kondisi 3,57% kurang baik dan 96,43% baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi SIG web database jalan dan jembatan di Kabupaten Manggarai yang memberikan informasi tentang database jalan dan jembatan di Kabupaten Manggarai. Kata kunci: Basis Data, Jalan dan Jembatan, SIG Web

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Basis Data, Jalan dan Jembatan, SIG Web
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Tasya Sabrilla Asihfani
Date Deposited: 09 Feb 2019 04:27
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item