Perencanaan dinding penahan tanah tipe kantilever pada jalan soekarno - hatta kilometer 48 samarinda - balikpapan

Annarose, Annarose (2022) Perencanaan dinding penahan tanah tipe kantilever pada jalan soekarno - hatta kilometer 48 samarinda - balikpapan. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (266kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
9. JURNAL_TA_ANNAROSE_1921904.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (992kB)

Abstract

Dinding penahan tanah merupakan salah satu Teknik pengendalian tanah yang sangat diperlukan untuk menanggulangi kelongsoran. Seperti yang terjadi pada jalan Soekarno – Hatta Kilometer 48 Samarinda – Balikpapan. Dimana pada lapangan memiliki lereng yang terindikasi sering terjadi longsoran. Longsoran ini terjadi di sepanjang 30 meter jalan mengalami longsor sehingga setengah badan jalan utama. Berdasarkan data pengujian dilapangan dan laboratorium didapatkan hasil tanah sebagian besar adalah lempung dengan karakteristik yang sangat lambat dalam penyerapan air serta kondisi tanah yang tidak stabil karena adanya muka air tanah yang dangkal. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dinding penahan tanah tipe kantilever yang menggunakan perhitungan manual metode Bishop yang disederhanakan pada kedalaman 4 meter, menghasilkan SF 2,60 > 1,5 dinding penahan tersebut dinyatakan aman terhadapat FSgeser = 1,96, FSguling = 1,80, FSDDT = 4,54. Dari hitungan tersebut diperoleh penulangan D19 – 150 dengan tulangan bagi D13 – 75 untuk dinding vertikal dan D19 – 250 dengan tulangan bagi D13 – 200.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Annarose (1921904)
Uncontrolled Keywords: dinding penahan tanah, dinding kantilever, stabilitas lereng
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 922 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:10
Last Modified: 31 Oct 2022 05:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item