Wijayaningtyas, Maranatha and Wata Puka, Maria Magdalena and Hidayat, Sutanto (2019) KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN RUMAH DI KABUPATEN SIKKA NTT. In: Seminar Nasional Infrastruktur Berkelanjutan 2019 Era Revolusi Industri 4.0 Teknik Sipil dan Perencanaan, 31 oktober 2019, Malang.
Text
Keputusan Konsumen.pdf Download (400kB) |
|
Text
Keputusan Konsumen_Turnitin.pdf Download (1MB) |
|
Text
Peer Review_Keputusan Konsumen_Signed.pdf Download (230kB) |
Abstract
Persaingan pengembang/developer semakin marak terjadi di Kabupaten Sikka NTT khususnya di bidang property perumahan. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka pihak pengembang melakukan strategi yang dapat membangkitkan motivasi konsumen untuk membelinya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mempengaruhi keputusan pembelian rumah mulai dari harga, tingkat penghasilan, lokasi, fasilitas, desain/tipe bangunan dan budaya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda Hasil uji analisis ini menunjukan bahwa Harga (X1), Tingkat penghasilan (X2), Lokasi (X3), Fasilitas (X4), Desain/tipe bangunan (X5) secara bersama-sama berpengaruh positifan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah (Y) dengan ditunjukan nilai Fhitung = 10,055 > Ftabel = 2,51, namun dari hasil Uji T menunjukan untuk variabel Desain/tipe bangunan = 3,431, dan Harga = 2,092 berpengaruh signifikan karena nilai Thitung > Ttabel = 199 sedangkan untuk Lokasi = 0,817, Fasilitas = 0,755 dan tingkat penghasilan = 0,104 tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah karena nilai Thitung < Ttabel .Secara parsial Faktor Desain/tipe bangunan merupakan faktor yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah pada Perumahan Safira Residence, Perumahan Purimas Residence, dan Perumahan Bukit Mas, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien β terbesar yaitu 3,431. Strategi yang perlu dilakukan pengembang adalah meningkatkan berbagai macam desain/tipe bangunan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan serta perlu memperhatikan lokasi yang strategis, mencari konsumen yang berpendapatan tinggi dan memberikan fasilitas yang memadai sehingga dapat meningkatkan laku jual rumah pada perumahan di Kabupaten Sikka, NTT. Kata Kunci : Harga, Tingkat Penghasilan, Lokasi, Fasilitas, Desain bangunan, dan Keputusan Pembelian.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Tingkat Penghasilan, Lokasi, Fasilitas, Desain bangunan, dan Keputusan Pembelian. |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 |
Depositing User: | Mr Sayekti Aditya Endra |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 01:38 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9631 |
Actions (login required)
View Item |