STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DENGAN TYPE RANGKA BATANG BERBENTUK LENGKUNG MERUNCING DITENGAH (STEEL SHARP-ARC-TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN STEEL DECK SLAB SEBAGAI PLAT LANTAI PADA JEMBATAN PADANGKERTA- JERUKMANIS KARANGASEM-BAL

Saputra, Mahendra Andy (2010) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DENGAN TYPE RANGKA BATANG BERBENTUK LENGKUNG MERUNCING DITENGAH (STEEL SHARP-ARC-TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN STEEL DECK SLAB SEBAGAI PLAT LANTAI PADA JEMBATAN PADANGKERTA- JERUKMANIS KARANGASEM-BAL. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0421012.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Jembatan merupakan sarana yang sangat penting untuk menghubungkan antara daerah satu dengan daerah yang lain melalui transportasi darat. Di mana pembangunan jalan dan jembatan sebagai lalu lintas kendaraan sangat perlu pembangunannya sebagai alat penyeberangan yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk melalui sungai, danau, tebing dan segala penghalangbahkan laut. Hampir semua ruas jalan memerlukan sarana jembatan, karena hampir setiap jalan terkadang harus melalui atau melewati beberapa rintangan antara lain sungai, rawa-rawa, bahkan lembah ataupun menyilang terhadap jalan lain. Dengan adanya jembatan akan didapatkan jalur yang lebih pendek dan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membuat jalan memutar untuk menghindari suatu rintangan. Kostruksi Jembatan Rangka Baja merupakan salah satu jenis dari beberapa buah jenis Konstruksi Jembatan Baja yang sangat banyak dibangun untuk kepentingan lalu lintas jalan raya. Seperti halnya Jembatan Padangkerta merupakan salah satu Konstruksi Jembatan Rangka Baja yang ada di Indonesia yang berfungsi untuk kebutuhan arus lalu lintas kususnya di Kecamatan Jerukmanis Kabupaten Karangasem Bali. Secara umum Jembatan Rangka Baja lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan jembatan lainnya, penyebabnya ialah karena batang-batang utama Rangka Baja memikul gaya aksial tekan atau gaya aksial tarik, konstruksi jembatan jauh lebih ringan, bentang jembatan jauh lebih panjang, pelaksanaan di lapangan jauh lebih mudah. Dengan tinggi rangka sedemikian rupa, kekakuan potongan melintang jembatan rangka lebih besar. Bagian-bagian utama rangka batang dibuat dari komponen-komponen yang tidak terlalu besar maka pengangkutannya ke lokasi jembatan menjadi lebih mudah. Struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja terdiri atas beberapa bagian batang-batang utama pembentuk rangka batang induk, batang-batang melintang. batang-batang memanjang, batang-batang ikatan angin atas, batang-batang ikatan angin bawah, ikatan-ikatan pengaku, sistem lantai kendaraan yang membentuk suatu konstruksi yang kaku sehingga lalu lintas aman melewatinya. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan Jembatan Rangka Baja Tipe Rangka batang berbentuk lengkung meruncing ditengah (Steel Sharp- Arc-Truss) dengan mengunakan Steel deck slab sebagai Plat lantainya. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Faktor Design (LRFD) serta buku Bridge Management System (BMS 1992) untuk peraturan pembebanan dan SNI 03-1729-2000 untuk lendutan jembatanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Rangka Baja, (Steel Sharp-Are-Truss)/ate
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 15 May 2023 03:26
Last Modified: 15 May 2023 03:26
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item