PENGARUH HEAT TREATMENT VARIASI QUENCHING AIR GARAM UDARA DAN OLI TERHADAP SIFAT MEKANIS BAJA PEGAS DAUN AISI 1042

Rozi, Mochamad Fachrur (2022) PENGARUH HEAT TREATMENT VARIASI QUENCHING AIR GARAM UDARA DAN OLI TERHADAP SIFAT MEKANIS BAJA PEGAS DAUN AISI 1042. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pegas daun yang pada umumnya digunakan pada kendaraan umum kecil dan kendaraaan niaga kecil mengalami penurunan kualitas sifat mekanik sebelum masa batas umur pegas daun. Penurunan kualitas sifat mekanik menyebabkan pegas tidak layak digunakan karena akan membuat kondisi tidak nyaman bagi pengendara. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengujian pada material pegas daun, hal ini diharapkan dapat menjadi solusi peningkatan kekuatan dan ketangguhan pada pegas daun. Untuk meningkatkan sifat mekanik pegas tersebut maka akan dilakukan perlakuan panas yang meliputi heat treatment dan pendinginan (quenching). Dari hasil penelitian pada baja pegas daun AISI 1042 dengan tiga variasi pendingin yaitu media udara, air garam dan oli. Pada pengujian kekerasan didapatkan nilai teritinggi pada media udara dengan nilai 56 RHB. Pada pengujian tarik nilai tegangan tertinggi pada media udara dengan nilai 63,92 Kgf/mm2. Sedangkan nilai regangan tetinggi pada media air garam dengan nilai 25 %. Pada pengujian impak nilai energy tertinggi pada media air garam dengan nilai 11,6785 Joule. Dan harga impak tertinggi juga terdapat pada media air garam dengan harga 0,1167 Joule/mm. Kata kunci :Pegas daun yang pada umumnya digunakan pada kendaraan umum kecil dan kendaraaan niaga kecil mengalami penurunan kualitas sifat mekanik sebelum masa batas umur pegas daun. Penurunan kualitas sifat mekanik menyebabkan pegas tidak layak digunakan karena akan membuat kondisi tidak nyaman bagi pengendara. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengujian pada material pegas daun, hal ini diharapkan dapat menjadi solusi peningkatan kekuatan dan ketangguhan pada pegas daun. Untuk meningkatkan sifat mekanik pegas tersebut maka akan dilakukan perlakuan panas yang meliputi heat treatment dan pendinginan (quenching). Dari hasil penelitian pada baja pegas daun AISI 1042 dengan tiga variasi pendingin yaitu media udara, air garam dan oli. Pada pengujian kekerasan didapatkan nilai teritinggi pada media udara dengan nilai 56 RHB. Pada pengujian tarik nilai tegangan tertinggi pada media udara dengan nilai 63,92 Kgf/mm2. Sedangkan nilai regangan tetinggi pada media air garam dengan nilai 25 %. Pada pengujian impak nilai energy tertinggi pada media air garam dengan nilai 11,6785 Joule. Dan harga impak tertinggi juga terdapat pada media air garam dengan harga 0,1167 Joule/mm. Kata kunci : Pegas, Heat Treatment, Quenching, Uji Kekerasan, Uji Tarik, Uji Impak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mochamad Fachrur Rozi (1811033)
Uncontrolled Keywords: Pegas, Heat Treatment, Quenching, Uji Kekerasan, Uji Tarik, Uji Impak
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1002 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2022 05:35
Last Modified: 15 Dec 2022 05:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9708

Actions (login required)

View Item View Item