Setiadi, Yogo (2014) PENENTUAN LOKASI STREET AS PLAZA DI KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
Untitled(5).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (122MB) | Request a copy |
Abstract
Umumnya jalan raya di perkotaan digunakan oleh kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, truk, bis dan sejenisnya. Tetapi jalan raya bukan hanya dapat digunakan sebagai tempat bagi lalu lintas kendaraan bermotor tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat untuk berbagai macam kegiatan seperti sosialisasi, duduk-duduk dan aktivitas massa. Kota Malang juga memiliki kegiatan yang menggunakan konsep menutup jalan raya dari lalu lintas dari kendaraan bermotor, yang kemudian digunakan sebagai ruang publik. Kegiatankegiatan itu adalah pasar pagi, car free day, festival lampion dan festival malang kembali yang berada di Kecamatan Klojen. Street as plaza adalah jalan yang ditutup dari lalu lintas kendaraan bermotor terutama kendaraan pribadi baik secara permanen maupun atau selama jam-jam tertentu yang kemudian fungsinya diubah menjadi ruang yang nyaman digunakan bagi pengguna ruang terbuka terutama oleh pejalan kaki. Konsep ini merubah fungsi jalan yang sebelumnya sebagai prasarana transportasi berubah menjadi fungsi sosial, ekonomi, arsitektural dan darurat, yang membuat jalan memiliki berbagai macam kegiatan di atasnya, seperti bermain, bersantai, berolahraga, jual beli, perayaan dan lain sebagainya. Meskipun jalan di street as plaza ditutup dari kendaraan bermotor tetapi beberapa kendaraan dapat di ijinkan masuk ke dalam street as plaza dalam rentang waktu tertentu, seperti angkutan umum, kendaraan pengantar barang, kendaraan pengangkut sampah, ambulans dan berbagai kendaraan darurat atau perawatan jalan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi yang sesuai untuk dapat dijadikan street as plaza di Kecamatan Klojen. Pengumpulan data dilakukan melalui survey fitur-fitur yang penting, fitur-fitur yang sangat diinginkan dan fitur-fitur tambahan yang menyenangkan bagi pejalan kaki. Sedangkan analisanya menggunakan metode distribusi frekuensi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesesuaian, Lokasi dan Street as plaza. |
Subjects: | Engineering > Area Planing Engineering (PWK) |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi) |
Depositing User: | ms suhartatik suhartatik |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 01:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 02:44 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/977 |
Actions (login required)
View Item |