Pemakaian Cangkang Kerang Dan Batu Apung Sebagai Media Pada Roughing Filter Aliran Horizontal Dalam Menurunkan Kadar COD, Kekeruhan,Dan Kesadahan Pada Air Sungai

Putra, I Kadek Ardi (2006) Pemakaian Cangkang Kerang Dan Batu Apung Sebagai Media Pada Roughing Filter Aliran Horizontal Dalam Menurunkan Kadar COD, Kekeruhan,Dan Kesadahan Pada Air Sungai. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
012671.pdf

Download (10MB)

Abstract

. 2006. Pemakaian Cangkang Kerang Dan Batu Apung Sebagai Media Pada Roughing Filter Aliran Horizontal Dalam Menurunkan Kadar COD, Kekeruhan,Dan Kesadahan Pada Air Sungai. Skripsi, Jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional Malang. Pembimbing: Prof. Ir. Wahyono Hadi, MSc. Ph.D. ABSTRAK Air merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena keberadaannya yang sangat penting tersebut, maka berbagai usaha dilakukan untuk memperolehnya dengan memanfaatkan air dari berbagai sumber, yaitu air permukaan (sungai, danau, dan lain-lain), air tanah bahkan air hujan. Air sungai biasanya tidak dapat langsung digunakan, karena umumnya kotor dan tercemar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengolahan air untuk memenuhi syarat sebagai air minum/air bersih dengan pengolahan pendahuluan salah satunya dengan menggunakan proses filtrasi, yaitu dengan memakai alat roughing filter aliran horizontal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan cangkang kerang dan batu apung sebagai media pada roughing filter aliran horizontal terhadap penurunan konsentrasi kekeruhan, kesadahan, dan COD (Chemical Oxygen Demand) dengan melakukan variasi terhadap panjang media yaitu panjang media cangkang kerang 100 cm, panjang media batu apung 100 cm, panjang media cangkang kerang 50 cm: batu apung 50 cm, panjang media batu apung 50 cm cangkang kerang 50 cm dan waktu pengambilan sampel yaitu 15 menit, 30 menit, 60 menit, 90 menit, 120 menit, 150 menit, 180 menit dan 210 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air sungai, batu apung, cangkang kerang,COD, horizontal Roughing filter, kekeruhan,kesadahan
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:31
Last Modified: 19 Jan 2023 03:31
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item