Penurunan COD, TSS, Minyak Lemak Pada Limbah Cair Industri Pengalengan Ikan Tuna Dengan Metode Dissolved Air Flotation (DAF) Sistem Recycle.

Meichia, Meichia (2008) Penurunan COD, TSS, Minyak Lemak Pada Limbah Cair Industri Pengalengan Ikan Tuna Dengan Metode Dissolved Air Flotation (DAF) Sistem Recycle. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0226033.pdf

Download (8MB)

Abstract

Limbah yang dihasilkan oleh industri pengalengan ikan tuna memiliki konsentrasi COD (Chemical Oxygen Demand), TSS (Total Suspended Solid), Minyak Lemak yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan kualitas air limbah yang baik perlu dilakukan suatu sistem pengolahan yang dapat menurunkan konsentrasi COD, TSS, Minyak Lemak sehingga memenuhi standart baku mutu air limbah. Pada penelitian ini menggunakan metode Dissolved Air Flotation (DAF) sistem Recycle untuk mengolah limbah cair industri pengalengan ikan tuna. Sistem operasi DAF. menggunakan udara terlarut dimana udara tersebut dilarutkan kedalam air pada tangki tekan. Selanjutnya udara terlarut tersebut dilepaskan pada tekanan atmosfir sehingga akan menghasilkan gelembung-gelembung udara. Gelembung udara akan menempel pada partikel solid, sehingga densitas partikel lebih kecil dari air dan partikel akan mengapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode DAF sistem Recycle terhadap persentase penurunan konsentrasi COD, TSS, minyak lemak dengan variasi tekanan 4 atm dan 5 atm, dan variasi waktu detensi 20, 40, 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem operasi DAF mampu menurunkan konsentrasi COD. TSS. minyak lemak. Persentase penurunan COD dan TSS terbaik pada variasi tekanan 5 atm dengan variasi waktu detensi 60 menit yaitu 39.24 % dan 86,33 % dan persentase penurunan minyak lemak terbaik pada variasi tekanan 4 atm dengan waktu detensi 60 menit yaitu 100 % dan 5 atm dengan waktu detensi 20, 40, 60 menit yaitu 100%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COD. Dissolved Air Flotation (DAF) sistem Recycle, TSS, Minyak Lemak
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:54
Last Modified: 20 Jan 2023 02:54
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item