EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : SIMPANG TIGA JL. RAYA GEMPOL - MOJOKERTO – JL.RAYA PACING KABUPATEN MOJOKERTO)

APRILIANSYAH, BAHARUDIN (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : SIMPANG TIGA JL. RAYA GEMPOL - MOJOKERTO – JL.RAYA PACING KABUPATEN MOJOKERTO). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1621032_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1621032_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (417kB)
[img] Text
1621032_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1621032_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
1621032_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1621032_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
1621032_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text
1621032_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang tiga tak bersinyal Jl. Gempol-Mojokerto – Jl. Raya Pacing termasuk dalam kelas fungsional jalan Nasional. Selain itu tataguna lahan pada sekitar simpang terdapat sebuah industry yang menyebabkan tingginya volume mobilitas pekerja dan kendaraan industry. Sehingga pada simpang tersebut sering terjadi kemacetan bahkan kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisa untuk kemudian memberikan alternative guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi adalah menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Pengambilan data pada penelitian ini yakni dengan melakukan survey langsung di lapangan yang dilaksanakan dalam waktu 3 hari yakni Sabtu, 6 Februari 2021 sampai pada hari Senin, 8 Februari 2021. Sesi waktu (Periode) pengamatan dilakukan dalam satu hari yang terbagi dalam tiga periode yaitu, periode I pukul 06.00-08.00 WIB, periode II pukul 11.00-13.00 WIB, periode III pukul 16.00-18.00 WIB dengan interval pengamatan per 15 menit. Dari hasil analisa yang dilakukan, diketahui jam puncak pagi terjadi pada hari Minggu dengan DJ = 1,23, jam puncak siang terjadi pada hari Sabtu dengan DJ = 1,09, dan jam puncak sore terjadi pada hari Sabtu dengan DJ = 1,12. Sedangkan tundaan yang terjadi sebesar 51,03 det/skr, 24,31 det/skr, dan 26,85 det/skr.. Solusi dari permasalahan tersebut yakni pemasangan APILL dengan skenario 2 fase dan pelebaran geometrik maka didapat hasil derajat kejenuhan maksimum sebesar 0,84 < 0,85. Tundaan maksimum 14,108 det/skr < 15 det/skr dengan tingkat pelayanan B, dari hasil analisa maka alternatif ini layak untuk digunakan. Kata Kunci: Evaluasi, Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: BAHARUDIN APRILIANSYAH (1621032)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1076 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:38
Last Modified: 16 Feb 2023 02:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item