Evaluasi Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Rencana Penanganannya Pada Ruas Jalan Raya Pengembur Kabupaten Lombok Tengah

Ananta, Lalu Rizaldi Haris (2023) Evaluasi Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Rencana Penanganannya Pada Ruas Jalan Raya Pengembur Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1821123_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1821123_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (415kB)
[img] Text
1821123_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1821123_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
1821123_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1821123_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
1821123_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (341kB)
[img] Text
1821123_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan pada perkerasan jalan dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna jalan, bahkan kerusakan jalan dengan tingkat keparahan tinggi dapat mengakibatkan kecelakaan. Pada lokasi studi, jalan raya Pengembur mengalami kerusakan diantaranya lubang, retak dan lain-lain. Kerusakan pada ruas tersebut menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan, sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk penanganannya. Panjang total ruas jalan yang akan dianalisis yaitu 4,2 Km dengan rata-rata lebar jalan 4,2 m dan termasuk jalan kelas III. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan dan jenis penanganannya menggunakan metode IKP ( Indeks Kondisi Perkerasan ) dan IRI (International Roughness Index). Serta pada studi ini, menghitung rencana anggaran biaya penanganan kerusakan. Hasil analisis kerusakan perkerasan didapatkan hasil yaitu Pelepasan Butiran sebesar 82,6 M2 (6%); Retak Memanjang sebesar 1246,14 M2 (89%); Retak Buaya sebesar 46 M2 (3%) ; Lubang 18,2 M2 (1%); dan Tambalan sebesar 6,52 M2 (1%). Untuk penilaian kondisi perkerasan jalan menggunakan metode IKP didapatkan rata-rata nilai IKP yakni sebesar 71,5 dengan kondisi jalan baik dan jenis penanganannya yaitu pemeliharan berkala. Sedangkan hasil analisis menggunakan metode IRI didapatkan rata-rata nilai IRI yakni sebesar 7,2 dengan kondisi jalan sedang dan jenis penanganannya yaitu pemeliharaan berkala. Sehingga dari hasil analisis didapat rencana anggaran biaya penanggulannya sebesar Rp 2.092.936.000,00 (Dua Miliyar Sembilan Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Rupiah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lalu Rizaldi Haris Ananta (1821123)
Uncontrolled Keywords: metode ikp, metode iri, rab
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1172 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:55
Last Modified: 21 Mar 2023 03:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item