PENGEMBANGAN KAWASAN RUKO RAMAH LINGKUNGAN Studi Kasus: Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang

PATRICIA PEARLYN, MARIA (2011) PENGEMBANGAN KAWASAN RUKO RAMAH LINGKUNGAN Studi Kasus: Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624002.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB)

Abstract

Keterbatasan lahan perkotaan menjadi sebuah permasalahan yang tidak henti-hentinya terjadi di suatu kota. Dengan adanya permasalahan tersebut menuntut suatu pembangunan yang efisien baik terhadap lahan itu sendiri maupun terhadap fungsi dari bangunan tersebut. Oleh karena itu munculah suatu konsep bangunan dengan fungsi mixed use yang menggabungkan beberapa fungsi aktivitas dalam satu bangunan. Salah satu bangunan dengan fungsi mixed use adalah ruko. Melihat dari fenomena yang ada dimana semakin banyak ruko yang dibangun namun tidak memperhatikan masalah lingkungan pada saat pembangunannya. Jumlah ruko pada lokasi studi sebanyak 60 unit yang mana pada masing-masing unit ruko atau 1 pintu unit ruko memiliki lebar 4 meter. Bangunan ruko yang ada pada lokasi studi awalnya terdiri dari 3 lantai yang mana setiap lantainya memiliki tinggi 3,5 meter. Lokasi studi memerlukan penambahan fasilitas pendukung untuk menciptakan kawasan ruko yang ramah lingkungan. Penambahan beberapa fasilitas tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari penghuni dan pengunjung ruko. Selain fasilitas, akan diberi penambahan RTH yang berfungsi sebagai peneduh, pemecah angin dan matahari, estetika serta fungsi ekologis lainnya. Tidak hanya melihat dari aspek ekologisnya saja, ruko yang dikembangkan akan melihat pula dari aspek psikologi dan arsitekturalnya agar tercipta kawasan ruko yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MARIA PATRICIA PEARLYN (0624002)
Uncontrolled Keywords: ruko, ramah lingkungan
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item