KONSEP PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA Di Jalan Tapak Satu Plus Kota Ternate

FAISAL, MUHAMMAD (2012) KONSEP PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA Di Jalan Tapak Satu Plus Kota Ternate. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624003.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31MB)

Abstract

Pedagang kaki lima yang umumnya disebut dengan PKL pada perkembangannya menjadi salah satu sektor informal yang keberadaannya sering dipandang sebelah mata. Oleh karena keberadaannya yang seperti ini selalu memberikan kesan negatif, maka pedagang kaki lima dapat dikembangkan lebih maju dengan beberapa penataan yang diharapkan akan menjadi sektor unggulan dalam keberadaannya sebagai salah satu sektor informal. Dengan sedikit tata kelola dan penambahan fasilitas pendukung, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan bagi sektor informal, dalam hal ini khususnya bagi pedagang kaki lima. Pada dasarnya penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif menekankan pada penelitian tanpa hitungan tetapi dengan dasar yang kuat dan deskripsi yang sesuai. Penelitian ini memperhatikan beberapa variabel yang telah ditetapkan untuk diamati, yang kemudian digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam penataan pedagang kaki lima di sepanjang kawasan jalan Tapak Satu Plus. Dengan beberapa pertimbangan dan teori pendukung yang menjadi dasar dari penelitian ini, maka diharapkan akan menghasilkan tata kelola yang dapat meningkatkan citra pedagang kaki lima menjadi lebih positif serta menjadi salah satu sektor unggulan dalam ekonomi perkotaan. Pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Tapak Satu Plus sendiri memiliki beberapa poin kekurangan, sehingga diperlukan suatu inovasi penataan yang mana bertujuan untuk mengubah imej negatif selama ini. Penataan ini pada akhirnya berusaha mempengaruhi para pelaku yang ada didalamnya, salah satunya untuk meningkatkan kuantitas penghasilan pedagang kaki lima itu sendiri. Selain itu bagi pihak terkait lain akan mengubah pandangannya tentang pedagang kaki lima yang pada dasarnya bukan merupakan suatu gangguan yang harus dihilangkan tetapi sebagai aset wilayah dan faktor pendukung ekonomi perkotaan yang potensial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD FAISAL (0624003)
Uncontrolled Keywords: pedagang kaki lima, fasilitas pendukung, aset wilayah
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item