KETERKAITAN KARAKTERISTIK JALUR PEDESTRIAN DENGAN PERSEPSI KENYAMANAN PENGGUNA (Studi Kasus: Koridor Jalan Dhoho Kota Kediri)

PRASETIYO, ANDRI EKO (2014) KETERKAITAN KARAKTERISTIK JALUR PEDESTRIAN DENGAN PERSEPSI KENYAMANAN PENGGUNA (Studi Kasus: Koridor Jalan Dhoho Kota Kediri). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0624008.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (53MB)

Abstract

Koridor merupakan suatu lorong yang menghubungkan antara kawasan satu dengan kawasan lain terdiri dari trotoar yang berada pada sisi kanan dan kiri dari koridor. Trotoar merupakan tempat berjalannya pejalan kaki untuk mencapai suatu tempat yang harus selalu ditunjang dengan elemen-elemen jalan yang dapat menimbulkan rasa kenyamanan bagi pejalan kaki untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Kota Kediri merupakan suatu kota dengan pertumbuhan yang sangat pesat di daerah Jawa Timur, seiring dengan pertumbuhan penduduk dan meningkatnya kebutuhan masyarakat, maka saat ini ada beberapa bagian Kota Kediri yang memerlukan penataan, salah satunya adalah koridor Jalan Dhoho. Di korodor jalan ini terdapat berbagai jenis kegiatan, seperti perkantoran, pendidikan, permukiman, peribadatan, perdagangan dan jasa. Secara umum permasalahan koridor pada daerah berkembang yaitu kurang mewadahinya fasilitas bagi pejalan kaki, penyalahgunaan fungsi jalur pejalan kaki serta perencanaan perancangan dan kurangnya pemeliharaan elemen-elemen pejalan kaki. Dari permasalahan pada koridor tersebut diharapkan tercapainya rumusan arahan penataan pejalan kaki di sepanjang koridor jalan Dhoho agar kedepannya bisa lebih baik. Sasaran dari penelitian ini adalah pejalan kaki yang sering sekali melintasi koridor ini untuk beraktifitas dimulai dari pagi hari sampai malam hari. Segmen dalam koridor ini dibagi menjadi 4 segmen dilihat dari karakteristik masing-masing segmen. Analisa yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah analisa kondisi fisik dari kondisi pedestrian dimana hasil ini didapatkan dari hasil pengamatan secara studi kepustakaan, subjektif, dan obyektif dengan menyebarkan 65 kuisoner di empat segmen koridor. Analisa Chi Square merupakan analisa dengan memanfaatkan suatu program SPSS yang menggunakan beberapa variabel inputan yaitu jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan yang dikaitkan dengan 15 elemen- elemen pencipta kenyamanan yang akan dibahas pada bab selanjutnya. Dari analisa yang telah dilakukan di empat segmen berbeda dihasilkan desain-desain yang berbeda pula sesuai dengan variabel-variabel yang ditetapkan sehingga hasil analisa dapat digunakan sebagai parameter perancangan desain koridor jalan Dhoho yang dapat diterapakan di masyarakat ataupun pemerintahan sebagai perbaikan kedepan agar pejalan kaki serta fasilitas yang berada didalam koridor dapat menunjang aktifitas sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ANDRI EKO PRASETIYO (0624008)
Uncontrolled Keywords: Keterkaitan Pedestrian Jalan Dhoho, Persepsi Pejalan kaki
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:41
Last Modified: 29 Mar 2023 00:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item