IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN KOTA PALANGKA RAYA

Wibowo, Ferry (2015) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN KOTA PALANGKA RAYA. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0724008.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan kota pada dasarmyn menapakkas perwujudan tuntutan kebutuhan ruang yang diakibatkan oleh perkembang dan pertumbuhan penduduk serta kegiatan fungsionalnya dan interaksi antar kegiatan tersebut. Pertumbuhan dan perkembangan kota dapat berjalan dengan sendirinya tetapi pada suatu saat dapat menimbulkan salah yang sulit untuk diatasi yang bersifat keruangan, struktural dan fungsional. Melihat kenyataan tersebut, sebaiknya sejak dini bila ada gejala pertumbuhan dan perkembangan kota, maka perlu sekali diarahkan melalui perencanaan untuk mencapai keserasian dan keseimbangan dalam pemanfaatan potensi yang ada seefisien dan seefektif mungkin, agar tercipta hubungan yang serasi dan harmonis antara manusia dan lingkungannya. Sehingga penulis tertarik untuk membuat suatu penelitian tentang identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Kota Palangka Raya. Dari latar belakang tersebut diperlukan adanya teori sebagai pendukung sebagai pendukung dalam penelitian ini. Adapun teori yang digunakan salah satunya adalah perkembangan kota menurut Danisworountuk memperoleh gambaran konsep perencanaan yang ditetapkan pada masa itu maka penelusuran perkembangan kota berdasarkan pada tiga aspek dasar yaitu fisik, yang menggambarkan wujud kota bentuk bangunan, jalan dan benda lain yang menciptakan bentuk kota, ekonomi uang menggambarkan eksistensi aktivitas kota dan sosial kependudukan yaitu gambaran tentang tatanan yang memberikan makna terhadap bentuk kegiatan kota. Berdasarkan teori tersebut dapat dilakukan analisa dengan menggunakan korelasi multivariate yang bertujuan untuk menentukan faktor yang mempengaruhi perkembangan kota, tetapi dilakukan analisa lebih lanjut bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kota. Jadi tidak semua variabel penentu merupakan faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan Kota Palangka Raya, hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan analisa uji statistik dengan menggunakan metode korelasi multivariate dan regresi linier berganda. Sehingga dapat diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan Kota Palangka Raya adalah industri, air bersih, kesehatan, permukiman, jaringan jalan, listrik, PDRB dan penduduk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferry Wibowo (0724008)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Pengaruh, Perkembangan, Kota
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 30 Mar 2023 00:57
Last Modified: 30 Mar 2023 00:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item