FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONDISI PERMUKIMAN KUMUH DI BANTARAN SUNGAI BRANTAS (Studi Kasus: Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen)

Miranti Susandari, Sri (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONDISI PERMUKIMAN KUMUH DI BANTARAN SUNGAI BRANTAS (Studi Kasus: Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924009.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (45MB)

Abstract

Kawasan permukiman kumuh di Bantaran Sungai Brantas tepat berada pada Kelurahan Kidul Dalem. Kawasan permukiman kumuh ini memiliki luas sekitarĀ± 15,25 Ha dengan jumlah penduduk 4.973 jiwa. Oleh karena kawasan permukiman kumuh ini terletak tepat pada pusat Kota Malang dan disepanjang aliran Sungai Brantas maka jumlah penduduknya yang padat dan bangunan rumah yang seadanya. Selain itu, kawasan permukiman kumuh ini tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk suatu kawasan permukiman. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mencari faktor yang mempengaruhi kondisi permukiman kumuh. Faktor yang mempengaruhi kondisi permukiman kumuh tersebut dilihat dari kondisi fisik bangunan, kondisi lingkungan dan kondisi sosial-ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana penelitian ini adalah hasil uji statistik yang menggunakan metode chi square dan korelasi. Data yang digunakan merupakan data yang diperoleh dari penyebaran quisioner yang dilakukan pada sejumlah responden. Selain itu didukung pula oleh data yang diperoleh dari instansi terkait. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa bahan baku bangunan yang digunakan untuk atap, dinding dan lantai mempengaruhi kondisi fisik bangunan. Kondisi fisik bangunan ini yang merupakan faktor penentu kondisi permukiman kumuh di Bantaran Sungai Brantas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Miranti Susandari (9924009)
Uncontrolled Keywords: Permukiman Kumuh, Bantaran Sungai
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:01
Last Modified: 03 Apr 2023 01:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item