STUDI DAMPAK LINGKUNGAN DAN PENANGANANNYA DARI AKIBAT EKSPLOITASI TAMBANG GALIAN GOLONGAN C Studi Kasus : Pertambangan Batu Apung Kelurahan Ijobalit Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur - NTB

Gamar Zahid, Rinanto (2005) STUDI DAMPAK LINGKUNGAN DAN PENANGANANNYA DARI AKIBAT EKSPLOITASI TAMBANG GALIAN GOLONGAN C Studi Kasus : Pertambangan Batu Apung Kelurahan Ijobalit Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur - NTB. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam studi ini ialah kulitatif dengan mempergunakan metode bagan alir Sorenson, dan kuantitatif dengan mempergunakan metode matriks Leopold. Pengamatan pada tiap komponen lingkungan dari aspek fisik dan kimia, aspek sosial ekonomi serta aspek sosial budaya. Dari hasil penelitian, diketahui dampak-dampak pada komponen lingkungan yang ditimbulkan dari tahapan kegiatan penambangan batu apung adalah penurunan kualitas udara (pencemaran debu dan kebisingan), gangguan kesehatan lingkungan (terjadinya genangan air) dan perubahan bentuk lahan, dan untuk penanganannya melihat UU No. 4 Tahun 1982 dan No. 51 Tahun 1993 tentang penentuan dampak penting yang didasarkan oleh jumlah manusia yang terkena dampak, luas wilayah persebaran dampak, lamanya dampak berlangsung dan intensitas dampak yang terjadi. Sedangkan komponen lingkungan yang berdampak pada sosial ekonomi dan sosial budaya, untuk penanganannya tidak terlalu berpengaruh karena sejauh ini sikap masyarakat yang setuju dengan adanya kegiatan penambangan batu apung dan tidak termasuk daerah yang terisolir, yang memudahkan keluar masuknya peradaban baru atau kebudayaan baru dari masyarakat pendatang. Maka tindakan penanganan yang perlu dikaji dan ditangani adalah pada komponen lingkungan aspek fisik dan kimia yang melibatkan pihak-pihak terkait sebagai pengendali sekaligus pengawas untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi. Selain itu, harus memperhatikan kondisi lingkungan dari awal kegiatan pembangunan sampai kegiatan itu berakhir sesuai dengan pembangunan yang bewawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinanto Gamar Zahid (9924010)
Uncontrolled Keywords: Dampak Lingkungan, Eksploitasi Tambang Galian Golongan C. Tambang Batu Apung
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:01
Last Modified: 03 Apr 2023 01:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item