Simulasi Metode Elemen Hingga Pada Rangka Scooter Listrik Menggunakan Material Komposit Serat Karbon Dengan Variasi Laminasi

Lung, Phang Ching (2023) Simulasi Metode Elemen Hingga Pada Rangka Scooter Listrik Menggunakan Material Komposit Serat Karbon Dengan Variasi Laminasi. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (572kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB)

Abstract

Kendaraan listrik diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang contohnya scooter listrik. Salah satu bagian terpenting dari scooter listrik yakni rangka. Kekuatan rangka dipengaruhi oleh material penyusunnya, saat ini mayoritas rangka terbuat dari material logam yang memiliki sifat korosi dan berat. Oleh karena itu material komposit yang telah divariasikan jumlah layer serat karbon pada resin epoxy menjadi fokus penelitian karena ramah lingkungan, tahan korosi dan ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau sifat mekanis pada rangka scooter dengan material komposit. Material komposit 1 layer pada rangka scooter mendapatkan distribusi tegangan maksimal sebesar 84,306 MPa yang mana nilai ini sama dengan material komposit 3 layer dan 5 layer. Deformasi maksimal terjadi pada pijakan bagian samping kanan sebesar 6,1825 mm dengan variasi 3 layer, yang mana 26,07% lebih besar dari 1 layer. Sedangkan nilai faktor keamanan sebesar 4,356 pada variasi 1 layer yang artinya rangka lebih aman. Massa rangka dengan material komposit 1 layer 5,58% lebih ringan dari material baja AISI 1020. Dapat disimpulkan bahwa nilai faktor keamanan minimal serat karbon 1 layer lebih besar dari material serat karbon 3 layer dan 5 layer, sehingga material komposit dapat dijadikan rangka scooter listrik sebagai alternatif dari material logam untuk mendapatkan kendaraan yang ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Phang Ching Lung (1911057)
Uncontrolled Keywords: Scooter Listrik, ANSYS, Komposit, Serat Karbon, Laminasi
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1209 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:08
Last Modified: 12 Apr 2023 01:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item