STUDI PENELITIAN PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN TAMBAHAN TETES TEBU (VARIASI KADAR 2,4% -2,8%) TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN SIFAT FISIS PADA MUTU BETON 25 MPA

Malaikari, Yulian Yusuf (2011) STUDI PENELITIAN PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN TAMBAHAN TETES TEBU (VARIASI KADAR 2,4% -2,8%) TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN SIFAT FISIS PADA MUTU BETON 25 MPA. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0621028.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB)

Abstract

Pada dasarnya tetes adalah bahan buangan dari pabrik gula yang bersifat semi heterogen. Ada beberapa penelitian terdahulu yang mengatakan bahwa dengan penambahan tetes tebu ini mempengaruhi terhadap sifat-sifat dari beton itu sendiri, baik mekanis maupun sifat fisisnya. Dengan menggunakan metode DOE didapat mix design dengan mutu 25 MPa, dimana benda uji yang digunakan berbentuk silinder dan balok dengan jumlah sampel benda uji tiap variasi adalah 30 buah. Hasil Penelitian menunjukan penggunaan bahan tambahan tetes tebu dengan variasi 2,4%, 2,6%, 2,8% ternyata memiliki pengaruh terhadap sifat fisis maupun sifat mekanis dari beton. Variasi yang menghasilkan nilai maksimal berdasarkan semua pengujian terjadi pada variasi 2,4 %. Nilai optimum diambil berdasarkan dari nilai optimum dari sifat beton yang paling dominan yaitu sifat mekanis beton (kuat tekan) untuk mewakili nilai optimum lainnya. Untuk variasi tetes tebu 0-2,8 %, dimana data-data yang lain ditambah dari data milik I Putu Yudistia B.S. dan Dedy Kurniawan W; maka didapat variasi optimum 1,291% dengan nilai kuat tekan 28,977 Mpa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yulian Yusuf Malaikari (0621028)
Uncontrolled Keywords: Beton, Sifat Mekanis, Sifat Fisis, Tetes Tebu.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 19 May 2023 00:25
Last Modified: 19 May 2023 00:25
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

View Item View Item