EFEK PROPORSI ADDITIVE SUPERPLASTISIZER 0,5% DAN ACCELERATOR 0,2% MENGIKUTI KURVA LINEAR TERHADAP KINERJA DAN VARIASI PADA UMUR BETON

Enggrawati H, Meirika (2011) EFEK PROPORSI ADDITIVE SUPERPLASTISIZER 0,5% DAN ACCELERATOR 0,2% MENGIKUTI KURVA LINEAR TERHADAP KINERJA DAN VARIASI PADA UMUR BETON. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0521027.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB)

Abstract

Tuntutan pada bangunan beton modern, semakin meningkatnya dan bervariasinya tuntutan kinerja. Umumnya tuntutan akan kekuatan yang menjadi indikator utama mutu beton. Beton merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Ini dapat dilihat dari penggunaan konstruksi beton di semua jenis bangunan. Perkembangan teknologi menuntut betor: dengan kualitas lebih baik dan juga ekonomis. Tujuan penelitian memberikan alternatif tentang penggunaan additive Superplasticizer dan Accelerator bahan tambahan terhadap sifat mekanis dan workabilitas beton yang nantinya akan menjadi suatu jawaban terhadap pembangunan yang membutuhkan waktu pekerjaan yang singkat. Hasil penelitian menyatakan penggunaan tambahan additive Superplasticizer dan Accelerator berpengaruh peningkatan sifat fisik dan mekanis beton. Pada pengujian yang telah dilakukan penambahan zat additive Superplasticizer 0,5% dan Accelerator 0,2%. Peningkatan kuat tekan dengan umur 28 hari menghasilkan 35,26%. Dikarenakan pengikatan campuran yang lebih cepat akibat penambahan additive dan penggunaan air yang sedikit, benda uji yang dihasilkan berwarna lebih pekat, lebih berat serta mempunyai rongga atau pori yang sangat minim dari beton normal, sehingga menghasilkan nilai kuat tekan lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Additive, Sifat Mekanis dan Fisik Beton
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 19 May 2023 00:23
Last Modified: 19 May 2023 00:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item