Evaluasi Kerusakan Dan Rencana Perbaikan Perkerasan Ruas Jalan Raya Batas Kabupaten Belu-Sanleo-Welaus Di Kabupaten Malaka Menggunakan Metode Bina Marga

Mau, Maria Elisabeth Ientine Mau (2023) Evaluasi Kerusakan Dan Rencana Perbaikan Perkerasan Ruas Jalan Raya Batas Kabupaten Belu-Sanleo-Welaus Di Kabupaten Malaka Menggunakan Metode Bina Marga. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1821138-BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1821138_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text
1821138_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text
1821138_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1821138_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1821138_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
1821138_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB)
[img] Text
1821138_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Setiap jalan memiliki fungsi dan kapasitas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah tempat dibangunnya jalan tersebut. Ketika usia jalan sudah mendekati atau mencapai umur rencana jalan maka, akan dijumpai kerusakan jalan terutama pada permukaannya. Pada ruas jalan Batas Kabupaten Belu – Sanleo -Welaus merupakan jalan lama yang sudah diperkeras namun mengalami kerusakan di segmen-segmen tertentu pada permukaan jalan seperti retak, berlubang, alur dan lain-lain. Oleh karena itu dibutuhkan kapasitas jalan yang memadai untuk menampung kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Untuk Panjang total ruas jalan yang akan dianalisis yaitu 3 Km dengan rata-rata lebar jalan 6,5 m dan termasuk jalan kelas II. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan dan jenis penanganannya menggunakan metode SDI (Surface Distress Index) dan IRI (International Roughness Index). Serta pada studi ini, menghitung rencana anggaran biaya perbaikan perkerasan. Dari hasil analisis berdasarkan metode SDI diketahui tingkat kerusakan rusak berat di dua segmen yaitu STA 0+000-0+200 dan STA 2+800-3+000 dengan jenis penanganan peningkatan jalan atau rekonstruksi dan kondisi kerusakan rusak ringan pada STA 0+200-0+400, 0+400-0+600, 2+600-2+800 dengan jenis penanganan pemeliharaan berkala, kondisi rusak sedang pada STA 0+600-1+400 dengan jenis penanganan pemeliharaan rutin. Dengan analisis menggunakan metode SDI didapatkan rata-rata nilai 88,3 dan masuk kategori rusak sedang. Sedangkan dengan analisis menggunakan metode IRI diketahui tingkat kerusakan rusak berat di segmen STA 2+800-3+000 dengan jenis penanganan peningkatan jalan atau rekonstruksi dan kondisi kerusakan rusak ringan pada STA 0+000-0+200-0+400-0+600 dan 2+600- 2+800 dengan jenis penanganan pemeliharaan berkala, kondisi rusak sedang pada STA 0+600-1+400 dengan jenis penanganan pemeliharaan rutindidapatkan nilai rata-rata 7,14 dan masuk kategori rusak sedang. Dari kedua metode tersebut dinyatakan signifikan dan termasuk dalam kriteria hubungan kolerasi kuat/ erat. Dari hasil kondisi jalan tersebut dihitung biaya penanganan perkerasan pada ruas jalan tersebut sehingga didapatkan sejumlah Rp 1.602.642.510 Kata kunci : Evaluasi Kerusakan Jalan, SDI, IRI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maria Elisabeth Ientine Mau (1821138)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kerusakan Jalan, SDI, IRI
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1247 not found.
Date Deposited: 22 May 2023 05:01
Last Modified: 22 May 2023 05:01
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item