PENGEMBANGAN GAME "MONSTERS ISLAND" DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN METODE PATH FINDING

SAFARINE, ADITYA (2017) PENGEMBANGAN GAME "MONSTERS ISLAND" DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN METODE PATH FINDING. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1318034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Game merupalcan sebuah sarana hiburan bagi beberapa kalangan, tidalc hanya analc-anak saja melain/can juga orang dewasa baik pria maupun wanita. Game pada saat ini dibagi menjadi 2 bagian yakni game tradisional dan game modern. Sebuah game biasanya dikelompokkan berdasar/can ganrenya masing-masing dengan tujuan, agar para pemain tidak hanya memain/can game saja tetapi mengetahui tipe atau genre game apa yang sedang dimainkan. Pada pembuatan game terdapat banyak metode yang diguna/can untuk membuat game lebih menarilc, contohnya Finite State Machines (FSM) yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (lcejadian) dan action (aksi). Algoritma A Star(A*) adalah algoritma pencarian terbaik dalam mencari jalur terpendek dengan menentukan jarak terpendek antara simpul awal menuju simpul alchir, pada game yang penulis buat a/can mengguna/can metode FSM dan Patllfindingyang cu/cup bagus diguna/can untuk mendulcung sebuah game .. Dari hasil pengujian fungsional, pengujian Al (Artificial lntelegence) dan Control berjalan sesuai yang diharapkan. Dari pengujian performa game dapat dijalanlcan dikomputer dengan aspek RAM l-4GB, VGA lGB, dengan OS Windows 7 hingga 10 32 dan 64 bit. Dari hasil pengujian pengguna 7 dari 10 orang menyatakan desain dan tampilan karalcter"Monsters Island" baik dengan presentase 70% dan sisa 3 lainnya menyata/can kurang dengan persentase 30%. Untuk ting/cat kesulitan 7 dari 10 orang menyata/can baik dengan presentase 70%, 2 menyatakan kurang dengan persentase 20% dan J menyatakan cukup dengan presentase 10%. Untuk kontro/ permainan 8 dari 10 orang menyata/can baik dengan presentase 80% dan sisa 2 lainnya menyatalcan cu/cup dengan presentase 200/6. Untukfitur yang terdapat pada game 7 dari 10 orang menyatalcan baik dengan persentase 70% dan sisa 3 lainnya menyatakan cu/cup dengan persentase 30%. Untuk informasi game 6 dari 10 menyatalcan baik dengan persentase 60% dan sisa 4 lainnya menyatalcan cu/cup dengan persentase 400/6. Dan untuk apakah game Monsters Island menarik atau tidak 7 dari JO orang menyatakan baik dengan persentase 70%, 2 menyatakan cu/cup dengan persentase 20% dan I menyatakan lcurang dengan persentase 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:54
Last Modified: 25 Jul 2023 02:54
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item