SAFARINE, ADITYA (2017) PENGEMBANGAN GAME "MONSTERS ISLAND" DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN METODE PATH FINDING. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.
Text
1318034.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Game merupalcan sebuah sarana hiburan bagi beberapa kalangan, tidalc hanya analc-anak saja melain/can juga orang dewasa baik pria maupun wanita. Game pada saat ini dibagi menjadi 2 bagian yakni game tradisional dan game modern. Sebuah game biasanya dikelompokkan berdasar/can ganrenya masing-masing dengan tujuan, agar para pemain tidak hanya memain/can game saja tetapi mengetahui tipe atau genre game apa yang sedang dimainkan. Pada pembuatan game terdapat banyak metode yang diguna/can untuk membuat game lebih menarilc, contohnya Finite State Machines (FSM) yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (lcejadian) dan action (aksi). Algoritma A Star(A*) adalah algoritma pencarian terbaik dalam mencari jalur terpendek dengan menentukan jarak terpendek antara simpul awal menuju simpul alchir, pada game yang penulis buat a/can mengguna/can metode FSM dan Patllfindingyang cu/cup bagus diguna/can untuk mendulcung sebuah game .. Dari hasil pengujian fungsional, pengujian Al (Artificial lntelegence) dan Control berjalan sesuai yang diharapkan. Dari pengujian performa game dapat dijalanlcan dikomputer dengan aspek RAM l-4GB, VGA lGB, dengan OS Windows 7 hingga 10 32 dan 64 bit. Dari hasil pengujian pengguna 7 dari 10 orang menyatakan desain dan tampilan karalcter"Monsters Island" baik dengan presentase 70% dan sisa 3 lainnya menyata/can kurang dengan persentase 30%. Untuk ting/cat kesulitan 7 dari 10 orang menyata/can baik dengan presentase 70%, 2 menyatakan kurang dengan persentase 20% dan J menyatakan cukup dengan presentase 10%. Untuk kontro/ permainan 8 dari 10 orang menyata/can baik dengan presentase 80% dan sisa 2 lainnya menyatalcan cu/cup dengan presentase 200/6. Untukfitur yang terdapat pada game 7 dari 10 orang menyatalcan baik dengan persentase 70% dan sisa 3 lainnya menyatakan cu/cup dengan persentase 30%. Untuk informasi game 6 dari 10 menyatalcan baik dengan persentase 60% dan sisa 4 lainnya menyatalcan cu/cup dengan persentase 400/6. Dan untuk apakah game Monsters Island menarik atau tidak 7 dari JO orang menyatakan baik dengan persentase 70%, 2 menyatakan cu/cup dengan persentase 20% dan I menyatakan lcurang dengan persentase 10%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi) |
Depositing User: | Handoyo Eka |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:54 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12458 |
Actions (login required)
View Item |