ANALISIS SIFAT KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA AISI 4140 AKIBAT PROSES HARDENING PADA MATERIAL

Neno, Raynhard (2023) ANALISIS SIFAT KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA AISI 4140 AKIBAT PROSES HARDENING PADA MATERIAL. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Skripsi Raynhard Neno.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Pendahuluan: Manusia membuat suatu inovasi untuk mengembangkan dan memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi yang ada. Mereka memperbaiki sifat mekanik dan fisik dari logam yang dipakai sebagai kebutuhan pengembangan industri. Jenis logam yang biasa dipakai adalah baja karena jenisnya yang bervariasi, bersifat kuat, ketahanan aus yang tinggi dan sifat mampu bentuk yang tinggi, sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan umur pakai komponen. Tujuan: untuk menganalisis sifat kekerasan dan struktur mikro baja AISI 4140 akibat proses hardening pada material. Metode: Penelitian yang bersifat pengembangan dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kombinasi berupa kekerasa dan struktur micro-vickers yang dilakukan pada spesimen uji baja paduan rendah AISI 4140 Hasil: Dari proses kombinasi antara Carburizing dan Nitriding yang dilakukan menggunakan fluidized bed furnace dapat di evaluasi dengan melakukan pengujian kekerasan dengan maksud untuk mengetahui kedalaman difusi permukaan dengan menggunakan metode pengujian micro-vickers. Kesimpulan: Penambahan temperatur saat proses Carburizing dan juga menggunakan media pendingin udara menambah kekerasan yang sangat spesifik dan nilai kekerasan permukaan lapisan yang paling tepi semakin tinggi. Dari perlakuan panas kombinasi karburasi dan nitridasi didapatkan kandungan karbon, ketebalana lapisan, dan juga nilai kekerasan semakin meningkat dalam bentuk data yang didapatkan dari pengujian yang dilakukan. Proses nitridasi berupa unsur dan lapisan nitrida hanya terlihat pada kombinasi karburasi 700℃ dan nitridasi 500℃. Ketebalan lapisan dari setiap perlakuan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya temperatur karburasi. Akibat dari difusi karbon yang sangat baik dari pada difusi nitrogen. Kata kunci: Sifat, struktur, baja AISI 4140, hardening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Raynhard Neno (1811109)
Uncontrolled Keywords: : Penelitian yang bersifat pengembangan dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kombinasi berupa kekerasa dan struktur micro-vickers yang dilakukan pada spesimen uji baja paduan rendah AISI 4140 Hasil: Dari proses kombinasi antara Carburizing dan Nitriding yang dilakukan menggunakan fluidized bed furnace dapat di evaluasi dengan melakukan pengujian kekerasan dengan maksud untuk mengetahui kedalaman difusi permukaan dengan menggunakan metode pengujian micro-vickers
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: NENO RAYNHARD
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:21
Last Modified: 26 Oct 2023 05:05
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item