Ilham, Handito (2023) PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING MENGGUNAKAN METODE S.W.O.T DAN WEIGHTED PRODUCT PADA UMKM SAMBEL PECEL MBAK TI. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
UMKM Sambel Pecel Mbak Ti yang berlokasi di Kediri, merupakan usaha mikro yang bergerak dibidang industri manufaktur makanan. Usaha mikro ini memproduksi Sambel Pecel dalam kemasan. Usaha mikro ini berjalan dengan 5-10 karyawan dengan rata-rata produksi per-bulan 32.000 pcs sambel pecel kemasan. UMKM Sambel Pecel Mbak Ti menggunakan teknik pemasaran konvensional untuk memasarkan produknya, dengan menghampiri toko atau kedai makanan untuk mempromosikan produknya. UMKM ini memiliki pesaing yang berat dimana perusahaan sambel pecel yang lain sudah menerapkan pemasaran melalui media sosial dalam skala yang luas. Analisis SWOT sangat dibutuhkan karena adanya persaingan dari perusahaan lain yang memproduksi produk serupa. Hal ini membuat perusahaan harus menetapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan atau paling tidak bertahan hidup dipasar sasarannya. SWOT digunakan untuk menilai Kekuatan dan kelemahan dari sumber daya yang dimiliki perusahaan, serta kesempatan dan tantangan yang dihadapi. Untuk mendukung pengambilan keputusan yang dilakukan perusahaan dalam memilih strategi yang tepat. Metode Weighted Product digunakan untuk menentukan sebuah keputusan dengan menentukan atribut internal dan eksternal yang dimililki perusahaan. Dimana setiap atribut nantinya akan memiliki nilai yang berbeda untuk mendapatkan keputusan yang tepat. Berdasarkan hasil analisis SWOT, pemilihan strategi di UMKM Sambel Pecel Mbak Ti berada pada kuadran I yaitu S.O (Strength Opportunities), dimana berada pada titik koordinat (2,49 ; 2). Berdasarkan analisis Weighted Product didapatkan nilai dari masing-masing alternatif. Nilai terbaik dari ketiga alternatif yakni alternatif ke tiga yaitu Market Segmentation Strategy sebesar 0,3350. Strategi yang didapat adalah memperluas varian produk dengan menawarkan tingkat kepedasan yang beragam dan memasarkan produknya menggunakan aplikasi seperti Shopee untuk memperluas pemasarannya serta menampilkan kelebihan yang dimiliki produk UMKM Sambel Pecel Mbak Ti yaitu bersertifikasi halal, memiliki informasi tanggal kadaluwarsa, dan komposisi yang tertera dalam kemasan, yang diharapkan dapat dapat menarik minat dan menimbulkan kepercayaan konsumen baru maupun lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Handito Ilham (1913019) |
Uncontrolled Keywords: | SWOT, Weighted Product, UMKM |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
Depositing User: | Handito Ilham Pradianta |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 05:01 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 05:01 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12719 |
Actions (login required)
View Item |