ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN PADA SWING ARM MOTOR TRAIL DALAM KONDISI STATIK DAN DINAMIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Zulkarnaen, Henry (2023) ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN PADA SWING ARM MOTOR TRAIL DALAM KONDISI STATIK DAN DINAMIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (78kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisis pembebanan pada swing arm motor trail menggunakan metode elemen hingga dimulai dari membuat desain swing arm menggunakan CAD software opensource dengan material pipa Baja AISI dan Aluminium 6061 T6. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui distribusi tegangan dan deformasi pada swing arm saat diberikan pembebanan dalam kondisi statik dan dinamik. Data yang diamati dalam simulasi statik dan dinamik struktur dengan ANSYS workbench adalah analisis von mises, analisis displacement, dan nilai faktor keamanan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa material Baja AISI 1018 memiliki tegangan statik sebesar 62.89 MPa, lebih tinggi dari pada Aluminium 6061 T6 yang sebesar 61.618 MPa. Deformasi maksimal aluminium 6061 T6 adalah 3.0541 mm, sedangkan baja AISI 1018 adalah 1.0862 mm. Faktor keamanan aluminium 6061 T6 adalah 4.4792, sedangkan Baja AISI 1018 adalah 5.8833. Dalam simulasi dinamik, tegangan maksimal Baja AISI 1018 pada waktu 2.e-003 detik adalah 49.84 MPa, sedangkan Aluminium 6061 T6 adalah 49.821MPa. Deformasi maksimal Aluminium 6061 T6 pada waktu 2.e-003 detik adalah 3.1344 mm, sedangkan Baja AISI 1018 adalah 3.7754e-002 mm. Faktor keamanan Aluminium 6061 T6 adalah 5.6201, sedangkan Baja AISI 1018 adalah 5.016. Dengan nilai faktor keamanan > 2,5 sehingga pada 2 material tersebut berada pada batas aman untuk digunakan. Setelah dilakukan analisis pembebanan pada swing arm dapat disimpulkan bahwa swng arm dengan material baja AISI 1018 dapat direkomendasikan pada swing arm motor trail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Henry Zulkarnaen (1911110)
Uncontrolled Keywords: Swing Arm, Metode Elemen Hingga, Pembebanan, Analisis statik dan Dinamik, Motor trail
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Zulkarnaen Henry
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:45
Last Modified: 11 Sep 2023 01:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

View Item View Item