IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DALAM MENENTUKAN CEDERA PEMAIN PADA OLAHRAGA E-SPORT BERBASIS ANDROID

Nur Rasyid, Muhammad Ardhi (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DALAM MENENTUKAN CEDERA PEMAIN PADA OLAHRAGA E-SPORT BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1918090_BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB)
[img] Text
1918090_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text
1918090_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
1918090_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
1918090_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1918090_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
1918090_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text
1918090_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (459kB)

Abstract

E-Sport merupakan suatu permainan video game kompetitif dan terorganisir antar individu atau kelompok yang tidak terbatas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Professional Player memiliki perilaku menetap kurang lebih selama 4,2 jam per hari ketika melakukan pelatihan. Cedera yang disebabkan oleh olahraga E-Sport ini tidak hanya berpengaruh pada kebugaran fisik, tetapi juga memberi dampak buruk bagi karir dan performa pemain tersebut. Maka diperlukan sistem yang dapat membantu menentukan jenis cedera yang dialami oleh pemain agar dapat memberikan pertolongan pertama. Sistem pakar (Expert System) adalah sebuah sistem yang menggunakan pengetahuan manusia yang disimpan ke dalam sebuah database komputer untuk memecahkan masalah yang membutuhkan keahlian seorang pakar. Metode Certainty Factor (CF) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem pakar untuk menghitung atau menentukan tingkat suatu nilai kepastian data yang diperoleh dari suatu keputusan atau pernyataan. Dari hasil penelitian tersebut, metode Certainty Factor dapat menghitung atau menentukan tingkat suatu nilai kepastian dari gejala cedera yang didapat melalui seorang pakar. Didapatkan hasil kesesuaian antara aplikasi dengan diagnosa pakar sebesar 86.67%. Setelah dilakukan Pengujian dapat di simpulkan bahwa metode Certainty Factor dapat diterapkan pada aplikasi penentu cedera pemain. Hasil dari aplikasi akan menampilkan persentase cedera dari yang tertinggi sampai yang terendah dari perhitungan metode Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ardhi Nur Rasyid (1918090)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Android, E-Sport, Cedera
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Muhammad Ardhi Nur Rasyid
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:06
Last Modified: 14 Sep 2023 06:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item