PERANCANGAN STASIUN KERJA ERGONOMIS DAN 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE) PADA PEKERJA HOME INDUSTRI (Studi Kasus Pada Home Industri Keripik Tempe Andra Kecamatan Blimbing, Kota Malang )

NUR JAYA, HENGKI (2023) PERANCANGAN STASIUN KERJA ERGONOMIS DAN 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE) PADA PEKERJA HOME INDUSTRI (Studi Kasus Pada Home Industri Keripik Tempe Andra Kecamatan Blimbing, Kota Malang ). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu produsen keripik tempe yang cukup banyak dikenal adalah Keripik Tempe Andra. Bu Ninik mulai memproduksi keripik tempe dengan populasi 5 orang karyawan yang 80 persen di antaranya adalah kaum Perempuan. Ukuran meja pengemasan keripik tempe tidak mencukupi untuk menampung keripik tempe. Meja pengemasan keripik tempe berbahan dari kayu, meja pengemasan berbahan kayu pada umumnya cenderung lapuk jika secara terus menerus terkena minyak. Kursi pada stasiun pengemasan berbahan plastik tidak mampu menahan beban yang berat karena mudah patah, bengkok dan pekerja bisa beresiko terjengkang. Kemudian kondisi area Home Industri Keripik Tempe Andra belum tertata dengan baik untuk itu perlu ada upaya perbaikan sikap kerja dan lingkungan kerja sesuai dengan penerapan kerja 5S. Pada rancangan desain meja pengemasan telah disesuaikan dengan ukuran data antropometri. Usulan rancangan tersebut menggunakan bahan stainless steel, karena bahan tersebut tidak bersifat menyerap. Bahan stainless steel juga bersifat anti karat. Rancangan kursi yang telah diukur menggunakan data antropometri sesuai dengan ukuran pekerja dengan usulan bahan yang dibuat yaitu dari kayu yang kuat atau kokoh dan alas tempat duduk menggunakan bahan busa spon agar pekerja merasa nyaman dan nyaman saat dipakai. Ketebalan rancangan kursi pada penelitian ini menggunakan ukuran 3 cm agar lebih kuat dan tidak mudah patah. Hasil prosentase ketercapaian penerapan 5S di home industri keripik tempe Andra meliputi penerapan seiri (pemilahan) sebesar 25%, penerapan seiton (penataan) sebesar 25%, penerapan seiso (pembersihan) sebesar 50%, penerapan seiketsu (pemantapan) sebesar 25%, dan penerapan shitsuke (pembiasaan) sebesar 25%. Dari hasil prosentase tersebut menunjukkan bahwa ada 5 aspek dari 5S yang belum diterapkan secara keseluruhan. Sehingga apabila semua kriteria yang harus tercapai bisa dilaksanakan dengan baik, maka penerapan 5S bisa dikatakan 100% terpenuhi sesuai tujuannya. Adapun tujuannya tersebut yaitu menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan nyaman serta pengurangan resiko kecelakaan kerja, kepuasan konsumen akan meningkat dan meningkatkan produktivitas. Kata Kunci : Kursi dan meja pengemasan, Stasiun kerja ergonomis, 5S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HENGKI NUR JAYA (1913036)
Uncontrolled Keywords: Kursi dan meja pengemasan, Stasiun kerja ergonomis, 5S
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: HENGKI NUR JAYA
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:12
Last Modified: 09 Nov 2023 03:12
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item