EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN RENCANA PENANGANANNYA PADA RUAS BINANGUN - MOJOREJO DI KABUPATEN BLITAR

ASRI PERMATASARI, MARIA MEGA (2023) EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN RENCANA PENANGANANNYA PADA RUAS BINANGUN - MOJOREJO DI KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (647kB)

Abstract

Kerusakan pada perkerasan jalan dapat mempengaruhi laju kendaraan, bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan bila tidak segera dilakukan penanganan secara intensif. Pada lokasi studi, pada ruas jalan Binangun – Mojorejo mengalami kerusakan sebagai berikut : Retak Memanjang, Pelepasan Butir, Berlubang, dan Tambalan. Kerusakan pada ruas tersebut mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas. Sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk penanganannya agar bisa dilewati dengan nyaman. Untuk Panjang total ruas jalan yang akan dianalisis yaitu 3,09 Km dengan rata-rata lebar jalan 3,8 m dan termasuk jalan kelas II. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan dan jenis penanggananya menggunakan metode IKP (Indeks Keruskan Perkerasan) dan IRI (International Rpughness Index). Metode Survei IKP yaitu dengan mengukur luas kerusakan pada setiap jenis kerusakan yang terjadi pada setiap segmen, sedangkan Metode IRI yaitu dilakukan survei visual oleh 3 orang surveyor kemudian dari hasil nilai kerusakan digunkan untuk menentukan nilai kerusakan IRI. Serta pada studi ini, menghitung rencana anggaran biaya penanganan kerusakan. Hasil analisis kerusakan perkerasan didapatkan hasil yaitu Retak Memanjang, Pelepasan Butir, Berlubang, dan Retak Kulit Buaya. Untuk penilaian kondisi perkerasan jalan menggunakan metode IKP didapatkan rata-rata nilai IKP yakni sebesar 82,1 dengan kondisi jalan baik dan jenis penanganannya yaitu Pemeliharaan Rutin. Sedangkan hasil analisis menggunakan metode IRI didapatkan rata-rata nilai IRI yakni sebesar 5 dengan kondisi jalan Sedang dan jenis penanganannya yaitu Pemeliharaan Berkala. Sehingga dari hasil analisis didapat rencana anggara biaya penanggulanya sebesar Rp. 1.021.510.379 (Satu Milyar Dua Puluh Satu Juta Lima Ratus Sepuluh Ribu Tiga Tujuh Sembilan Rupiah). Kata Kunci: Metode IKP, Metode IRI, Korelasi, RAB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MARIA MEGA ASRI PERMATASARI (1921028)
Uncontrolled Keywords: Metode IKP, Metode IRI, Korelasi RAB
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Library Of Science
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Maria Mega Asri Permatasari
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:49
Last Modified: 24 Oct 2023 02:49
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item View Item