EVALUASI KERUSAKAN JALAN DAN RENCANA PENANGANANNYA PADA RUAS JALAN SEMPOL - PAGAK STA 7+300 S/D STA 10+900 KABUPATEN MALANG

Mahendra, Ahmad (2023) EVALUASI KERUSAKAN JALAN DAN RENCANA PENANGANANNYA PADA RUAS JALAN SEMPOL - PAGAK STA 7+300 S/D STA 10+900 KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1821132_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1821132_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text
1821132_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1821132_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
1821132_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1821132_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
1821132_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text
1821132_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan pada perkerasan jalan dapat mempengaruhi laju kendaraan, kenyamanan pengguna jalan bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan bila tidak segera dilakukan penanganan secara insetif. Pada lokasi studi di Jalan Sempol – Pagak STA 7+300 s/d 10+900 Kabupaten Malang mengalami kerusakan diantaranya lubang, retak dan lain-lain. Kerusakan pada ruas tersebut mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas dan ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk penangannya. Panjang total ruas jalan yang akan dianalisis yaitu 3,6 km dengan rata-rata lebar jalan 5 m dan termasuk jalan kelas III. Metode evaluasi kerusakan jalan menggunakan SDI (Surface Distress Index) dan IRI (International Roughness Index) serta menghitung rencana anggaran biaya perbaikan kerusakan jalan.Hasil evaluasi jenis dan tingkat kerusakan perkerasan lentur pada ruas jalan Sempol sampai Pagak memperoleh beberapa kerusakan perkerasan jalan yaitu : Pelepasan butiran sebesar 208,354 m2 (15,04%); Retak memanjang sebesar 134.468 m2 (9,71%); Retak melintang sebesar 4.513 m2 (0,33%); Retak acak sebesar 58.980 m2 (4%); Retak buaya sebesar 525.999 m2 (38%); Lubang sebesar 84.219 m2 (6%); Tambalan sebesar 341.344 m2 (25%); dan Amblas sebesar 27,35 m2 (2%). Untuk penilaian kondisi perkerasan jalan menggunakan metode SDI didapatkan nilai rata-rata SDI yakni sebesar 68.6 dengan tingkat kondisi jalan sedang, untuk nilai IRI mendapatkan nilai rata-rata sebesar 7.627 dengan tingkat kondisi jalan sedang. Berdasarkan tingkat kondisi kerusakan jalan menggunakan metode SDI dan IRI maka diperoleh jenis penanganannya yaitu pemeliharaan berkala. Sehingga didapatkan rencana anggaran biaya penanganan kerusakan jalan yakni sebesar Rp. 1.121.162.000,00 (Satu Milyar Seratus Dua Puluh Satu Juta Seratus Enam Puluh Dua Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad Mahendra (1821132)
Uncontrolled Keywords: Metode SDI, Metode IRI, Korelasi, RAB
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Ahmad Mahendra
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:55
Last Modified: 01 Nov 2023 06:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

View Item View Item