STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM BATIK LINTANG MENGGUNAKAN KERANGKA BUSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT

Ivan, Ardiansah (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM BATIK LINTANG MENGGUNAKAN KERANGKA BUSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2013006_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2013006_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (246kB)
[img] Text
2013006_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
2013006_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
2013006_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
2013006_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
2013006_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text
2013006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2013006_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (768kB)

Abstract

Ivan Ardiansah, Program Studi Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang, Januari 2024, Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Batik Lintang Menggunakan Kerangka Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Dosen Pembimbing: Dr. Renny Septiari, S.T., M.T. dan Sony Haryanto, S.Sos, S.T., M.T. UMKM Batik Lintang merupakan UMKM yang berfokus pada produksi batik tulis dan cap di Kabupaten Malang. UMKM memiliki berbagai keterbatasan yang menyebabkan pertumbuhannya lambat. Selama tahun 2023 UMKM mengalami stagnasi penjualan produk batik tulis. Dalam rangka mengembangkan bisnis batik tulisnya UMKM memerlukan strategi yang dapat diterapkan di masa datang. Untuk itu perlu dilakukan analisis SWOT yang komprehensif untuk mendapatkan faktor strategis internal dan eksternal UMKM. Berdasarkan analisis SWOT, disusun rencana pengembangan model bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis model bisnis saat ini menggunakan kerangka Business Model Canvas dilanjutkan dengan melakukan analisis SWOT untuk mendapatkan faktor strategis UMKM kemudian mendapatkan alternatif strategi bisnis yang terbaik dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan menggunakan hasil analisis SWOT sebagai acuan pembuatan rencana pengembangan bisnis yang baru dengan Business Model Canvas. Hasil penelitian ini adalah alternatif strategi terbaik yang didapatkan adalah menambah tenaga kerja non pembatik, yaitu administrasi dan penjahit, serta memaksimalkan pemasaran online. Alternatif strategi yang telah didapatkan akan diintegrasikan ke Business Model Canvas pada aspek Cost structure, Key Resource, Key Partner, Value proposition, Key Activities dan Customer segment. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pengembangan bisnis oleh UMKM Batik Lintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ivan Ardiansah (2013006)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Ivan Ardiansah
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:50
Last Modified: 15 Feb 2024 06:50
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item