SEKOLAH NON-FORMAL BUTA AKSARA KHUSUS LANSIA DI KOTA KUPANG

Sengkoen, Bagus Wahyu H.P (2024) SEKOLAH NON-FORMAL BUTA AKSARA KHUSUS LANSIA DI KOTA KUPANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nsional Malang.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (909kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (850kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (25MB)

Abstract

Sekolah Non-Formal Buta Aksara ini diselenggarakan khusus untuk lansia yang belum menerima pendidikan yang memadai dan juga bagi mereka yang tidak dapat menyelesaikan pendidikan formal. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas bagi para lansia, dengan memberikan pembelajaran yang efektif dan mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. Pendirian sekolah ini didasarkan pada kebutuhan akan peningkatan Sumber Daya Manusia di Kota Kupang, bahkan di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), di mana tingkat buta aksara masih tinggi. Hal ini menjadi landasan utama dalam perencanaan pembangunan sekolah ini.Arsitektur Perilaku menjadi pendekatan tema yang dipakai penulis sebagai titik acuan dalam membangun Sekolah ini, yang dimana pendekatan ini memunculkan ruang,pola sirkulasi,aktifitas serta tata ruang luar dan dalam yang sesuai dengan pendekatan tema yang Arsitektur Perilaku. Sekolah ini juga mengadaptasi bangunan kebanyakan daerah Nusa Tenggara Timur dengan atap yang tinggi seta berbentuk kerucut. Dengan fasilitas dan pola siekulasi yang ada pada bangunan ini di harapkan bahwa tema dapat tersmpaikan pada pengguna. Dan juga pada hal ini fungsi bukan hanya menjadi fungsi tetapi juga dapat memberikan kenyamanan bagi para Lansia yang buta aksara. Dengan demikian, diharapkan fasilitas sekolah ini tidak hanya menjadi pelopor, tetapi juga menjadi tempat di mana fasilitas ini dapat memberikan pendidikan yang baik dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para lansia di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terutama di Kota Kupang. Pentingnya meningkatkan tingkat melek aksara atau literasi menjadi fokus utama, karena rendahnya tingkat literasi di masa depan dapat menghambat perkembangan intelektual bangsa secara keseluruhan. Oleh karena itu, melalui upaya seperti pendirian sekolah non-formal buta aksara, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan literasi dan kualitas hidup para lansia, serta meningkatkan kecerdasan dan kemajuan bangsa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bagus Wahyu H.P Sengkoen (1922004)
Uncontrolled Keywords: Sekolah,Lansia,,Buta Aksara,Arsitektur Perilaku.
Subjects: Engineering > Architectural Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi)
Depositing User: BAGUS WAHYU HANGGARA PUTRA SENGKOEN
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:40
Last Modified: 23 Feb 2024 01:40
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14222

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item